ArenaLTE.com – Teknologi otomotif terus berkembang dari tahun ke tahun. Di era Internet of Things (IoT), smart car menjadi salah satu sektor yang mendapat perhatian serius. Ternyata tak hanya mobil pintar, inisiatif motor pintar pun mulai dikembangkan. Seperti dilakukan oleh Telkomsel yang ikut ambil bagian di industri ini. Operator anak perusahaan Telkom tersebut dengan meluncurkan aplikasi otomotif Telkomsel T-Bike.

Diungkapkan, aplikasi Telkomsel T-Bike ini merupakan bagian dari perjalanan perusahaan yang bertransformasi menjadi perusahaan digital yang secara konsisten mengembangkan ekosistem DNA (Device, Application, dan Network). Layanan motor tracker berbasis M2M (machine to machine) ini mampu memonitor, memandu dan mengendalikan sepeda motor dari ponsel cerdas.

tbikeMenurut Vice President M2M Business Telkomsel, Jaka Susanta, sepeda motor telah menjadi moda transportasi pilihan utama masyarakat Indonesia. Di sisi lain, permasalahan kerap timbul seperti perilaku pengendara yang tidak tertib, rawan pencurian dan kecelakaan. Sehingga untuk melengkapi kenyamanan masyarakat, pihaknya menawarkan inovasi teknologi Telkomsel T-Bike yang hadir sebagai solusi digital terbaik untuk berkendara sepeda motor.

Ia juga menyoroti T-Bike sebagai sebuah bentuk aplikasi internet of things (IoT) yang hadir sebagai bentuk dukungan perusahaan dalam penerapan Smart City di Indonesia, dimana penyelenggaraan Smart City dilakukan dengan mengintegrasikan teknologi ke dalam segala aspek, termasuk transportasi, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di kotanya.
Baca juga:

Fitur Telkomsel T-Drive

 

Telkomsel mengembangkan T-Bike sebagai asisten pengendara cerdas dengan fitur lengkap seperti memonitor dan memandu lokasi, kecepatan dan area berkendara  sepeda motor, serta mengendalikan akses mesin sepeda motor dari aplikasi di ponsel cerdas berbasis Android dan iOS. Didukung oleh sistem GPS yang canggih, T-Bike juga mampu mendukung operasional dan pengelolaan armada secara real time (tracking & fleet management), efisien, pelaporan detail perjalanan, pembatasan wilayah operasional (geofencing) dan pembatasan kecepatan (speed limit).

Pemasangan T-Bike pada motor (Foto: Telkomsel)
Pemasangan T-Bike pada motor (Foto: Telkomsel)

Telkomsel T-Bike diklaim memiliki dua keunggulan utama, yakni fitur yang lengkap dan cara pemasangan yang mudah dan cepat. Instalasi T-Bike pada kendaraan sepeda motor bermesin injeksi bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Karena dengan plug-in device, tidak perlu lagi dilakukan pemotongan kabel dan tidak akan menguras baterai kendaraan. Aplikasi T-Bike juga mendukung upaya peningkatan ketertiban berkendara dengan adanya fitur khusus bagi pengendara (rider) dan pemantau (circle) yang terintegrasi.

Jaka lebih lanjut memaparkan bahwa aplikasi T-Bike ini juga dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat juga mendorong perilaku berkendara yang baik di seluruh kalangan masyarakat. Seperti ketika digunakan oleh keluarga dan anak remaja, T-Bike dapat memantau dan mendampingi mereka dalam berkendara sehingga memberikan rasa aman bagi anggota keluarga mereka .

T-Bike merupakan kelanjutan dari roadmap layanan T-Drive yang telah terlebih dahulu diperkenalkan Telkomsel untuk moda transportasi kendaraan roda empat. T-Drive memiliki fitur utama untuk menganalisa kinerja mengemudi, real time engine data, memberikan peringatan dan mengedukasi cara berkendara yang baik. T-Drive beroperasi dengan menggunakan Telkomsel Driving Analytics berupa OBD (On Board Diagnostic Device) GPS Tracking yang dapat dengan mudah di instalasi pada kendaraan.

“Telkomsel masih terus melakukan pengembangan untuk T-Bike. Sehingga kedepannya aplikasi ini dapat memberikan kegunaan lebih kepada pengendara seperti grup komunitas, touring, analisa penggunaan bahan bakar, informasi navigasi motor, serta analisa kinerja kendaraan,” tutup Jaka.