ArenaLTE.com – Semakin canggihnya smartphone, sudah dipastikan turut membawa seabreg sensor, dan beragamnya jumlahn sensor memerlukan hub untuk mengintegrasikan banyaknya sensor berdaya rendah menuju prosesor. Di tahun 2015 lalu, teknologi hub sensor telah terjual satu miliar unit, diprediksi tahun 2016 ini akan meningkat dua kali lipatnya.

Sebenarnya apakah teknologi hub sensor? Hub sensor sendiri merupakan sebuah microcontroller unit atau bisa juga disebut sebagai co prosesor yang akan mengintegrasikan berbagai data dari semua sensor yang tertanam dalam sebuah smartphone dan memproses mereka dengan agar dapat berkerja secara maksimal. Teknologi ini akan sangat membantu beban kinerja sebuah CPU (prosesor utama smartphone) jadi lebih efisien sekaligus akan menghemat konsumsi baterai dan secara otomatis akan mempercepat kinerja smartphone.

teknologi Hub sensorDikutip dari Cellular-news.com, lembaga riset HIS memprediksi pada tahun 2018 hub sensor akan mengalami peningkatan penjualan hingga 2 miliar unit. Samsung, Apple dan Motorola selama ini telah menggunakan teknologi hub sensor di smartphone dalam beberapa tahun ini. Apple, Malah Motorola dan Microsoft secara eksplisit mengiklankan penggunaan teknologi hub sensor atau sensor core di smartphone tertentu.

“Pasar Hub sensor ini sangat dinamis, berubah dengan cepat selama dua tahun terakhir, sebagian besar digunakan untuk permintan Apple iPhone,” kata Marwan Boustany, analis senior IHS Teknology. Ketika Apple bergeser dari sirkuit micro controller untuk solusi aplikasi berbasis prosesor yang terintegrasi untuk jalur iPhone 6S pada tahun 2015, itu isyarat kepada produsen lain bahwa pendekatan ini telah mencapai kematangan.

IHS MEMS & Sensors for Consumer and Mobile Intelligence Service, hub sensor untuk smartphone high-end yang berubah dengan cepat dari micro controller unit (MCU) yang digunakan dalam iPhone 6, Samsung Galaxy S6, dan smartphone high-end lainnya, untuk sensor hub yang diintegrasikan ke dalam prosesor aplikasi (AP), seperti pada iPhone 6S dan Huawei Mate S.

Hub AP sensor akan semakin mendominasi segmen mid-range ke segmen smartphone high-end dalam beberapa tahun ke depan. Samsung juga menguji pendekatan alternatif untuk sensor hub menggunakan hub sensor Global-Navigation-Satellite dari Broadcom di Samsung Galaxy Note 4 dan iPhone 6S. “Kami juga berharap untuk melihat hub sensor yang terintegrasi dalam paket sensor untuk membuat terobosan di smartphone, seperti di segmen menengah dan low-end.,” ujar Marwan Boustany.