ArenaLTE.com – Seiring dengan majunya tingkat enkripsi pada aplikasi di smartphone, maka kian banyak tugas penting yang bisa dipasrahkan lewat layar gadget. Seperti kabar terbaru datang dari Negeri Paman Sam, kabarnya kini tengah dilakukan uji coba penggunaan fitur pemindai sidik jari touch ID lewat smartphone khususnya Touch ID iPhone untuk menggantikan peran kartu debet dan kartu kredit untuk ATM (Anjungan Tunai Mandiri).

Amerika Serikat akan segera menguji metode penarikan uang di ATM tanpa memasukkan nomor PIN. Dalam uji coba fitur Touch ID iPhone yang dikembangkan berasal dari Apple di iPhone. Dikutip dari Ubergizmo, Family Income Supplemen (FIS) dan International Alliance International (PAI) mengumumkan kemitraan mereka pada hari Jumat lalu. Rencananya kedua perusahaan ini akan memungkinkan penarikan uang di 70.000 mesin ATM tanpa menggunakan kartu.

Menurut laporan, nasabah yang menjajal teknologi ini bisa memakai aplikasi FIS Cardless Cash di sejumlah ATM terpilih yang dikelola PIA. Sebagai pengganti kartu, orang-orang akan menggunakan iPhone mereka dan aplikasi mobile untuk menarik uang tunai. Transaksi akan dikonfirmasi dengan sidik jari seseorang melalui sensor Touch ID iPhone.

touch ID iPhone Nantinya aplikasi mobile banking bertindak sebagai remote control untuk ATM, memberikan privasi yang tak tertandingi dan keamanan bagi konsumen. Aplikasi tersebut akan memanfaatkan kode QR (QR code) dan nasabah perlu mengotentifikasi diri dengan Touch ID iPhone untuk mengonfirmasi penarikan tunai. Dengan teknologi ini, penarikan tunai hanya akan membutuhkan waktu 10 detik dan penerimaan elektronik akan dikirim langsung ke seseorang iPhone setelah transaksi selesai.

Touch ID iPhone sendiri mulai disemat oleh Apple pada model iPhone 5s. Ia jadi pengganti passcode untuk membuka kunci layar, dan pengganti password ketika pengguna membeli konten digital di dalam aplikasi atau di App Store. Saat ini di Amerika Serikat, teknologi finansial semakin mendekatkan diri dengan ponsel pintar dalam prosesnya karena sejumlah keuntungan, mengingat belakangan ini kejahatan pada magnet di kartu juga bisa dibaca dengan alat khusus atau populer disebut skimmer.