ArenaLTE.com – Para peneliti spesialis pasar digital, Juniper Research, memprediksi bahwa akan ada sebanyak 1 miliar pengguna ponsel menggunakan layanan voice over LTE (VoLTE) pada 2018 mendatang. Layanan tersebut juga diprediksi akan menjadi layanan utama 4G LTE oleh operator, karena VoLTE diklaim memiliki dukungan suara berkualitas tinggi high definition (HD).

Layanan VoLTE yang diprediksi akan semakin meningkat tersebut, diungkapkan para peneliti adalah sebagai layanan utama yang memang dihadirkan untuk bersaing dengan para pemain over-the top (OTT). Dengan memanfaatkan konektivitas jaringan 4G LTE, layanan diungkapkan akan mampu memberikan akses teknologi suara HD dengan lebih baik.

Seperti dilansir dari laman TechWeek Europe, Rabu (4/11/2015), para peneliti mengungkapkan layanan utama ini adalah nafas baru bagi operator untuk kembali menarik pengguna untuk menggunakan layanan voice dan meningkatkan pendapatan. Pendapatan dari layanan voice ini semakin turun karena mulai ditinggalkan sejak pengguna lebih banyak memanfaatkan penggunaan aplikasi Chatting, Skype maupun Facebook.

Baca Juga : prediksi pendapatan dari VOLTE tahun 2020

Peneliti menjelaskan bahwa dengan mengandalkan produk layanan dalam jaringan tersebut, kemungkinan besar akan dapat kembali membantu peningkatan pendapatan operator. Juniper Research percaya bahwa akan ada sebanyak dua miliar koneksi yang akan tumbuh pada 2020, sehingga kemungkinan pendapatan USD100 miliar akan didapat operator.

Selain operator, pengguna juga diungkapkan akan memperoleh keuntungan dari penggunaan layanan ini.  Hal tersebut dijelaskan bahwa jika jaringan 4G hanya dikerahkan untuk mengakses internet saja, tentunya peralihan teknologi saat menggunakan telefon akan berubah ke jaringan 2G maupun 3G. Hal tersebut kemungkinan akan mengganggu aliran data, karena perpindahan teknologi dan jalur frekuensi dalam smartphone akan berubah-berubah yang bisa berdampak buruk juga terhadap perangkat.

VoLTE diungkapkan akan dihadirkan pertama oleh tiga operator Inggris, seperti Vodafone, EE, dan operator lainnnya. Dan kemungkinan hingga akhir tahun akan ada satu juta pengguna dan meningkat sebanyak 5,5 juta pengguna pada 2016 mendatang.

Baca juga : Telstra Hadirkan layanan VoLTE