ArenaLTE.com – “Mbak disini ada free WiFi nggak yaa…?,” demikian pertanyaan Boy (25 tahun) sebelum beranjak masuk ke sebuah restoran waralaba di bilangan Jakarta Selatan. Sebelumnya Boy melirak lirik restoran mana di dalam mall yang menyajikan ‘sajian WiFi Gratis’. Ini adalah potret yang lumrah kita rasakan sehari-hari di kota besar. Tapi apakah yang seperti diatas hanya ada di Indonesia?

Ternyata tidak, Hughes Europe, perusahaan telekomunikasi berbasis satelit dari Jerman baru-baru ini merilis riset dalam sebuah laporan yang menarik. Seperti dikutip dari Betanews, Hughes Europe menyebut dua pertiga (66 persen) responden restoran di Eropa mencari atau memilih restroran berdasarkan tersedianya pilihan free WiFi.

Konsumen disebutkan memilih untuk mendapatkan konektivitas tinggi (broadband) tanpa harus menggunakan pulsa data di modem atau smartphone mereka. 66 persen responden ini bisa dipastikan lebih mengedepankan adanya WiFi Gratis ketimbang menu makanan dan minuman di suatu restroran.

Selain itu, dalam laporannya Hughes Europe juga menyebut hampir setengan responden (46 persen) terpengaruh pada pilihan free WiFi ketika sedang berbelanja, atau masuk ke suatu area baru. “Hasil penelitian ini menunjukkan bagaimana WiFi sekarang harus menjadi pertimbangan utama bagi setiap pebisnis ritel atau perhotelan yang ingin memenuhi harapan pelanggan dan meningkatkan layanannya”, ujar Chris O’Dell, vice president of sales and marketing Hughes Europe.

Lebih dari setengah responden (53 persen) mendukung penyebaran free WiFi harus lebih banyak tersedia di toko-toko, sementara 47 persen mengatakan cara akses pada free WiFi harus lebih mudah digunakan. O’Dell mengatakan pengecer dan operator perhotelan memiliki kesempatan besar pada implementasi free WiFi.

“Mengoptimalkan WiFi di toko, coffee shop atau restoran harus ditangani dengan perhatian yang serius, temuan survei dari surveu ini menunjukkan harapan konsumen pada pengalaman WiFi mereka,” tambah O’Dell.

Secara marketing, free WiFi bermanfaat untuk menarik lebih banyak tamu pada restoran, dan yang lebih penting lagi dapat menjaga tamu untuk lebih lama berada di lokasi. Beberapa perusahaan ritel juga menggunakan free WiFi sebagai sarana untuk mendapatkan data/profil pelanggan dengan mudah, yakni lewat login di Facebook atau sosial media lain, maka perusahaan akan mendapatkan informasi yang berharga.