ArenaLTE.com – Walaupun tergolong pemain baru karena masih tiga tahun beroperasi, namun komitmen OPPO untuk berinvestasi di Indonesai rupanya tak diragukan lagi. Perusahaan smartphone asal Tiongkok ini termasuk yang paling cepat membangun pabrik OPPO untuk mengikuti peraturan pemerintah. Tentu dengan melihat potensi pasar yang besar, mereka pun tak tanggung-tanggung lagi untuk menceburkan diri di industri smartphone yang kompetitif ini.

Pabrik OPPO di Indonesia berlokasi tepatnya berada di kawasan Tangerang, Banten. Pabrik perakitan yang diluncurkan Agustus 2015 ini mempunyai nilai investasi 30 juta dolar AS, berdiri di atas lahan 27.000 meter persegi.

Ada beberapa catatan menarik yang berhasil dikupas dari pembangunan pabrik Oppo di Indonesia. Menurut perusahaan, pabrik OPPO yang dibangun di Indonesia merupakan pabrik pertama di luar Tiongkok dan terbesar kedua setelah pabriknya di Zhenchen.pabrik oppo di indonesia

Pembangunan pabrik tersebut sekaligus memperlihatkan komitmen sang vendor dalam mengikuti peraturan Pemerintah mengenai tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Lebih jauh, pembangunan pabrik juga mendukung strategi untuk menambah tingkat kepercayaan konsumen akan pelayanan purna jual dari smartphone OPPO.

Proses Produksi di Pabrik OPPO

Pabrik ini memiliki 3 bagian, bagian gudang penyimpanan, produksi dan laboratorium quality control. Pada bagian penyimpanan, setiap ponsel yang telah diproduksi akan dikumpulkan dalam satu area sesuai dengan tipe dan warnanya.

Di bagian produksi, setiap ponsel pintar yang akan dirakit harus melalui 17 – 19 proses dalam satu line satu tipe. Mulai dari proses perakitan komponen, percobaan kinerja komponen seperti kamera, pemasangan komponen hingga antena. Setelah itu, ponsel akan memasuki area factory reset dan final quality control untuk memastikan ponsel tidak ada masalah. Terakhir adalah area pengepakan ponsel untuk selanjutnya siap disimpan dan didistribusikan.

Hal menarik dari pabrik OPPO ini adalah area laboratorium quality control. Pada area ini setiap ponsel OPPO akan “disiksa” untuk mengetahui apakah ponsel tersebut bisa dikatakan baik. Ponsel yang diambil secara acak dari bagian produksi tersebut akan dicoba dengan mesin drop test, yaitu menjatuhkan ponsel OPPO dari ketinggian 10 cm, ada pula USB Swing Machine untuk mencoba konektivitas dari port USB ponsel OPPO. “Siksaan” masih berlanjut dengan menempatkan ponsel OPPO ke dalam sebuah mesin Vibration Test untuk melihat seberapa baik ponsel OPPO tahan terhadap guncangan.

Bahkan, pada bagian selanjutnya ponsel OPPO akan dicoba dengan menempatkannya pada mesin cold & thermal testing machine untuk melihat ketahanan ponsel OPPO pada kondisi iklim yang ekstrem, lalu roller experiment box untuk melihat kekuatan ponsel apabila jatuh, dan terakhir adalah memasukkan ponsel OPPO ke dalam mesin untuk mengukur seberapa tahan ponsel tersebut tahan terhadap kelembaban dan suasana yang kering.

Memperkuat Layanan Purna Jual

Guna mendukung smartphone yang sudah diproduksi dan dilempar ke pasaran, OPPO pun menyediakan pusat layanan alias service center.  Bahkan, sang vendor memiliki salah satu gerai pusat layanan terbesar di Asia Tenggara di kawasan Pasir Kaliki, Bandung. Memiliki total bangunan sebesar 1.000 meter persegi di area seluas 380 meter persegi.

Menariknya, pusat layanan di Bandung ini sudah dilengkapi dengan self experience zone agar konsumen dapat mencoba langsung produk-produk andalan OPPO. Selain itu, mencakup pusat pelatihan bagi para service advisor, sales advisor, dan teknisi.

Service centre Oppo di Bekasi
Service centre Oppo di Bekasi (Foto: Hendra/ArenaLTE)

Secara umum, service center OPPO memberikan layanan utama yang memungkinkan konsumen bertemu langsung dengan teknisi untuk mendapatkan informasi menyeluruh mengenai permasalahan produk.

Service center ini juga mempertegas komitmen perusahaan dalam memberikan pengalaman pelanggan yang maksimal dari awal pembelian produk hingga perawatannya. Tahun ini, OPPO sudah membangun 81 service center. Saat ini service center Oppo menampung sekitar 400 lebih karyawan.

OPPO Store

Selain mengggeber strategi promosi yang cerdik, OPPO juga menggunakan berbagai cara untuk mendekatkan ke pelanggan dan calon konsumen mereka. Antara lain dengan mendirikan OPPO store serta merangkul dealer atau toko-toko di berbagai wilayah Tanah Air.

OPPO Store yang merupakan gerai eksklusif ini sangat bermanfaat bagi perusahaaan dan konsumen. Buat OPPO bisa jadi sarana branding dan promosi memperkenalkan produk baru mereka sekaligus penjualan.OPPO Jember 2

Keuntungan adanya OPPO store ini, konsumen bisa menemukan semua model karena demo unitnya lengkap. Selain itu lebih nyaman untuk experience. Sampai saat ini, OPPO Store sudah mempunyai 150 gerai di seluruh Indonesia.

Strategi OPPO memperluas jangkauan dan mengakrabkan diri dengan konsumen Indonesia patut mendapat acungan jempol. Tak heran jika OPPO perusahaan ini berhasil merangsek ke posisi nomor dua persis di bawah Samsung, menguasai pangsa pasar smartphone di Indonesia.