ArenaLTE.com – Selama dua hari berturut-turut dari 7-8 Oktober, Microsoft mengadakan perhelatan besar bertajuk TechDays 2015. Di ajang yang diikuti oleh 2000 developer dan profesional TI tersebut, Microsoft menyatakan kini semakin terbuka dengan berbagai platform lain. Kini strategi Microsoft lebih fokus pada strategi openness atau keterbukaan.

Perusahaan yang dirintis Bill Gates tersebut mengungkapkan, berbagai teknologinya kini memungkinkan para developer dan profesional TI untuk semakin mudah melakukan kolaborasi antara aplikasi berbasis teknologi non-Microsoft miliknya dengan teknologi Microsoft. Dengan strategi Microsoft yang baru tersebut, diharapkan memudahkan para developer serta profesional TI di Indonesia untuk lebih produktif dan bebas mengembangkan aplikasi.

 

Anthonius Henricus, Developer Experience and Evangelism Director Microsoft Indonesia, memberikan alasan mengapa kini mereka lebih terbuka dengan platform lain. Padahal sebelumnya dikenal memiliki teknologi proprietary yang tertutup. “Di era mobile first dan cloud first saat ini, teknologi harus semakin inklusif. Strategi Microsoft yang openness merupakan kunci untuk meningkatkan kolaborasi serta produktivitas bagi para penggunanya, baik developer dan profesional TI, bisnis, maupun pengguna secara umum,” ujar Anthonius Henricus, di acara TechDays 2015 yang digelar di Balai Kartini, Jakarta (7/10/2015).

Dijelaskan lebih lanjut, pada TechDays tahun ini, Microsoft memperkenalkan berbagai solusi teknologi yang semakin terbuka dengan berbagai platform lainnya. Di antaranya membahas strategi kombinasi teknologi Microsoft dengan Open Source seperti Git dan Linux, cara mudah membuat aplikasi yang dapat berjalan di berbagai platform, dan cara memindahkan aplikasi Android serta iOS ke platform Windows 10.
Baca: Duo Smartphone Windows 10 Resmi Diperkenalkan Microsoft di Indonesia

Agenda Microsoft Tech Days 2015

Microsoft melalui ajang tahunan Tech Days 2015 ini memperkenalkan berbagai solusi teknologi terbaru, baik yang baru saja diluncurkan maupun yang masih dalam tahap uji publik. Salah satunya adalah kehadiran Windows 10 dengan beragam fitur terbaru.

Konferensi yang diadakan selama 7-8 Oktober 2015 ini menampilkan 78 track session dengan pembahasan mendalam tentang berbagai solusi teknologi yang mencakup penggunaan Windows 10, teknologi perangkat (devices), teknologi berbasis komputasi awan, data center, aplikasi, maupun kombinasi di antaranya.

Untuk teknologi perangkat, Microsoft memperkenalkan perangkat Windows 10 for Mobile pertama di dunia dari Microsoft Devices dan akan menampilkan berbagai ponsel cerdas, tablet, laptop, dan hybrid berbasis Windows 10. Selain itu, Microsoft juga akan memperkenalkan pemanfaatan Internet of Things (IoT) dan kombinasinya dengan teknologi komputasi awan.

Dalam bidang komputasi awan, strategi Microsoft akan menampilkan Microsoft Azure sebagai sarana pendukung produktivitas Office 2016 yang dapat berfungsi di berbagai jenis perangkat berbasis Windows, Mac, maupun Android; Skype dan Skype for Business; serta Dynamics CRM, yang seluruhnya memungkinkan berbagai skenario bisnis, baik UKM maupun korporat, untuk meningkatkan efisiensi biaya dan memudahkan pengaturan manajemen sumber daya TI.

Sementara itu, untuk teknologi data center, TechDays 2015 menampilkan solusi-solusi terbaru seperti Nano Server, Windows Container, Azure Stack, SQL Server, dan pengelolaan data center melalui System Center. Untuk teknologi aplikasi, TechDays 2015 akan memperkenalkan perkembangan terbaru dari ASP.NET, Visual Studio 2015, .NET 2015, Entity Framework, dan Universal Windows Platform.