Indosat bekerja sama dengan Standard Chartered Bank meluncurkan Straight2Bank Wallet Indonesia. Straight2Bank Wallet adalah layanan mobile pertama untuk klien korporat di Indonesia yang dihadirkan oleh Indosat sebagai jaringan telekomunikasi terkemuka dan Standard Chartered Bank. Straight2Bank Wallet Indonesia semakin memudahkan transaksi penyaluran uang bagi karyawan sebuah perusahaan yang tidak memiliki akun bank tertentu. Hadirnya layanan ini merupakan salah satu jalan untuk mengembangkan produk dompetku dalam hal pengiriman uang.

“Kerjasama antara Indosat and Standard Chartered Bank semakin memperluas jenis layanan dompetku sebagai salah satu layanan finansial yang mudah, cepat dan aman. Dengan layanan ini, pelanggan dapat menerima pembayaran gaji dan insentif tanpa harus memiliki rekening bank. Straight2Bank akan sangat memberikan manfaat besar bagi masyarakat luas, terutama melihat pengembangan system pembayaran digital saat ini,” ujar Alexander Rusli, President Director & CEO PT Indosat.

Sistem pembayaran baru ini ditujukan untuk klien korporat Standard Chartered Bank di Indonesia termasuk di antaranya organisasi, perusahaan multinasional, institusi keuangan bukan bank dan perusahaan Fast Moving Consumer Good (FMCG). Para klien tersebut saat ini dapat melakukan pembayaran cashless melalui sistem elektronik Straight2Bank kepada penerima yang mempunyai rekening bank ataupun tidak. Dana akan diterima secara elektronik melalui Indosat Dompetku.

Straight2Bank Indonesia dapat menggantikan pembayaran tunai yang beresiko tinggi dengan menggunakan sistem pembayaran digital yang efisien dan aman. Dengan keuntungan efisiensi rekonsiliasi dan juga mengurangi risiko penipuan dan pencurian yang terkait dengan pembayaran tunai.

Michael Sugirin, Head of Transaction Banking Standard Chartered Bank Indonesia mengatakan bahwa peluncuran ini adalah salah satu bukti komitmennya di Indonesia untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan menyediakan akses ke layanan perbankan. “Kolaborasi ini akan membantu meningkatkan akses ke layanan keuangan di Indonesia, dimana lebih dari 60 persen masyarakat Indonesia tidak memiliki rekening bank,” ujarnya. Selain Indonesia, Straight2Bank Wallet juga telah hadir di Kenya, Nigeria, Tanzania, Zambia, Pakistan, Bangladesh dan Filipina.