ArenaLTE.com – Sistem operasi robot hijau, Android, menjadi berkah bagi vendor OEM (original equipment manufacture). Pasalnya, tanpa harus banyak melakukan inovasi dari sisi software, para vendor sudah bisa meluncurkan beragam seri smartphone dan tablet, meski tentunya tetap ada kewajiban membayar royalty per unit kepada pihak Google. Namun sayangnya, hingga saat ini belum ada fitur reboot Android yang ditanamkan perusahaan, meski secara berkala  update versi OS kepada vendor dirilis secara berkala.

Reboot dalam pengertian bahasa software berarti melakukan restart ulang atau meloading ulang dari awal sistem operasi yang berjalan di suatu perangkat elektronik, baik itu ponsel maupun Personal computer. Dalam pengamatan, beberapa merek smartphone Android sudah dilengkapi pilihan restart. Namun sayangnya, reboot Android tidak diberikan untuk perangkat yang dikembangkan oleh Sony..

Seperti dikutip dari Ubergizmo.com, pihak Sony telah meminta kepada Google untuk memasukkan fitur reboot untuk smartphone Sony. Tidak diketahui persis mengapa reboot atau restart belum hadir di Sony Android. Pihak Google pun belum memberi tanggapan atas permintaan tersebut. Opsi reboot biasanya dimunculkan satu layar dengan pilhan power off dan airplane mode. Reboot sendiri digunakan untuk melakukan penyegaran pada sistem OS tanpa harus mematikan ponsel, atau biasa dikenal dengan membangun ulang sistem robot hijau tersebut.

Opsi reboot memang disiapkan bila pengguna smartphone menghadapi situasi:

  1. Bila sistem berhenti mendadak dan malfunction.
  2. Bila ada perintah dari suatu aplikasi setelah diinstall maka diperlukan reboot agar sempurnanya aplikasi yang ditanam.
  3. Bila beban ponsel Android sudah terlalu berat maka dengan reboot akan membuat fresh kembali jalannya suatu sistem operasi.
  4. Ponsel diam atau macet, lakukan reboot agar kembali normal.
  5. Reboot perlu dilakukan bila ponsel sudah menyala lama atau sudah berhari-hari belum dimatikan. kerena bisa saja ada satu atau beberapa proses gagal melakukan tugasnya setelah sekian lama ponsel aktif.
  6. Biasanya reboot diperlukan untuk melakukan test terhadap suatu jaringan, terkadang jaringan selular maupun data internet bisa berjalan normal setelah dulakukannya reboot.