ArenaLTE.com – Seiring dengan maraknya transformasi digital yang mendorong pertumbuhan pengguna internet serta perangkat dan aplikasi online, perusahaan dituntut untuk dapat melindungi diri dari ancaman berbagai serangan yang semakin meluas. Peluang untuk para pelaku cyber crime memang semakin banyak hal ini yang membuat para penyerang semakin gencar menyerang bisnis, organisasi, dan bahkan individu. Dalam mengatasi ancaman para penjahat cyber ini banyak perusahaan yang menerapkan berbagai layanan keamanan salah satunya solusi keamanan berbasis cloud dari Cisco.

Banyak perusahaan yang menerapkan hingga 70 solusi keamanan terpisah untuk mengatasi berbagai ancaman kejahatan cyber ini, bisa dibayangkan betapa sulitnya mengelola banyaknya solusi kemanan yang berbeda-beda tersebut dan bahkan bukannya semakin efektif dan aman malah justru menjadikannya semakin rentan diserang oleh penjahat cyber.

Melihat rumitnya pendekatan keamanan konvensional dan niche-product yang banyak diterapkan oleh perusahaan digital seperti ini, Cisco menghadirkan sebuah layanan terbaru dan solusi keamanan berbasis cloud yang dibangun dengan arsitektur kemananan threat-centric. Solusi keamanan berbasis cloud dari Cisco ini dapat diintegrasikan, diotomasi, dan mudah digunakan dan diklaim mampu memberikan pendekatan yang lebih efektif bagi perusahaan untuk melindungi model bisnis digital mereka.

Pendekatan arsitektural Cisco diklaim mampu mendeteksi lebih banyak ancaman dan membantu pelanggan untuk mengurangi waktu pendeteksian hingga kurang dari 17 jam saja, padahal biasanya pendeteksian standar industri membutuhkan waktu sekitar 100 hari. Selain itu, solusi keamanan berbasis cloud dari Cisco ini juga dapat diterapkan untuk pelaku usaha dan bisnis yang memiliki banyak cabang dan bisnis yang mobile untuk menerapkan sistem keamanan yang efektif dari kantor cabang sampai kantor pusat dan memberikan pelayanan kepada end user dimanapun mereka berada.

intel securityBeberapa solusi keamanan berbasis cloud dari Cisco yang ditawarkan antara lain yaitu:

  • Cisco Umbrella Roaming: Perlindungan terpusat dan berbasis cloud merupakan cara paling mudah untuk menghilangkan blind spot di luar jaringan atau blind spot off-network, melindungi karyawan dari manapun mereka bekerja.
  • Cisco Umbrella Branch: Solusi berbasis cloud ini memberikan kendali lebih terhadap penggunaan Wi-Fi oleh tamu dengan sistem penyaringan konten yang mudah.
  • Cisco Defense Orchestrator: Aplikasi pengelolaan berbasis cloud ini memungkinkan pengguna untuk mengatur infrastruktur dan kebijakan keamanan skala besar secara mudah dan efektif di berbagai lokasi yang tersebar dan ribuan perangkat yang ada melalui konsol sederhana berbasis cloud.

David Goeckeler, Senior Vice President and General Manager, Networking and Security Business, Cisco Systems mengungkapkan bahwa solusi keamanan berbasis cloud dari Cisco ini memungkinkan perusahaan yang bertransformasi menjadi perusahaan digital atau pelaku usaha bisnis digital untuk membangun dan mengelola infrastruktur keamanan mereka dengan mudah.