ArenaLTE.com – Indonesia akan menjadi tuan rumah Asean Games 2018. Merupakan tantangan tersendiri untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia mampu menjadi tuan rumah yang baik dan sukses menggelar ajang olahraga terbesar se-Asia tersebut. Selain kesiapan dalam sarana olahraga, hal lain yang tak kalah penting ketika menggelar ajang olahraga adalah penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satunya yaitu teknologi yang ditawarkan melalui solusi ICT Huawei.

Mengusung tema “New ICT, New Games”, acara “Indonesia ICT Carnival 2016 yang ke tiga” kembali di gelar di Raffles Jakarta (25/8/2016). Dalam kegiatan yang diadakan oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Pemerintah DKI Jakarta, Komite Olimpiade Indonesia, dan PT Huawei Tech Investment (Huawei Indonesia) tersebut mengungkap berbagai peluang dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di Indonesia.

Berbagai solusi ICT Huawei juga diperkenalkan untuk menciptakan pengalaman digital terbaik pada acara olahraga yang akan datang. Solusi TIK yang terintegrasi untuk acara olahraga juga dapat membantu dalam mengamati kegiatan sekitar wilayah pertandingan, seperti memantau keamanan di wilayah pertandingan melalui sistem TIK, memantau transportasi di wilayah pertandingan melalui sistem pengawasan, dan pengiriman sistem secara multimedia.

Menkominfo Rudiantara ketika membuka acara tersebut mengungkapkan harapannya agar Indonesia bisa sukses menjadi tuan rumah yang baik di ajang Asean Games 2018 dengan penerapan teknologi TIK. Para atlit yang datang ke Indonesia nantinya akan dapat menikmati berbagai teknologi terbaru yang akan memudahkan aktifitas mereka selama di Indonesia.

Rudiantara menambahkan, nantinya para atlit ini akan dibekali sebuah kartu khusus yang akan mempermudah aktifitas mereka, mulai dari datang di airport, tak perlu antri dalam proses imigrasi, termasuk transportasi, akomodasi dan berbagai akses informasi baik ke venue maupun penginapan semuanya akan dapat diakses dengan mudah selama kegiatan Asean Games.

“Asean Games 2018 yang akan berlangsung di Jakarta dan Palembang nanti juga akan digelar ujicoba penerapan teknologi 4,5 G di Indonesia, ” ujarnya.

Solusi ICT HuaweiHuawei menyadari betul akan pentingnya infrastruktur TIK yang terintegrasi untuk memastikan kelancaran sebuah acara. Contohnya adalah penerapan solusi ICT Huawei yang terintegrasi dapat mengidentifikasi gangguan secara langsung (real-time) sehingga dapat segera dilakukan tindakan pencegahan.

Selain itu, sistem transportasi TIK yang terintegrasi juga memberikan kemudahan bagi aparat pemerintah dalam mengawasi lalu lintas di sekitar wilayah pertandingan, memberikan keamanan bagi para atlet dan tokoh penting, serta dapat melakukan intervensi dalam keadaan darurat,” ujar Mohamad Rosidi, Deputy Director of ICT Strategy & Marketing, Huawei Indonesia.

Semua sistem tersebut dapat dikembangkan melalui penggunaan sistem Cloud di pusat data acara olahraga dan jaringan nirkabel dalam infrastruktur jaringan keamanan. Cloud Computing merupakan sebuah solusi yang mampu membantu para pegawai dan pelanggan untuk mengakses data berharga yang dikumpulkan sebelum, selama, dan sesudah berlangsungnya acara. Solusi ini juga mampu menangani banyak informasi secara langsung (real-time) di seluruh perangkat selular yang sesuai dengan permintaan.

Dalam masa penggunaan tinggi, infrastruktur Cloud dapat membantu penyelenggara untuk menekan biaya operasional karena sistem ini mudah untuk dihapus setelah selesainya pertandingan dan penyelenggara hanya dikenakan biaya dalam masa penggunaan yang tinggi. Selain itu, Cloud Computing juga mampu menyimpan informasi berharga mengenai sebuah pertandingan dalam bentuk pola atau gambar yang dapat digunakan pada kesempatan lain.

Dalam kesempatan tersebut, Huawei juga memperkenalkan berbagai teknologi serta solusi yang dapat meningkatkan pengalaman pengguna di tempat pertandingan, seperti solusi Wireless to the X (WTTx) dengan basis Virtual Reality (VR).

Solusi WTTx ini memberikan layanan pita lebar 4.5G dan 5G dengan fiber-class dan kecepatan tinggi yang memberikan kesempatan bagi keluarga untuk menikmati koneksi internet yang mulus dan menambah pengalaman pengguna melalui 4K-TV on-demand, VR Movies, permainan, dan aplikasi smart home.