ArenaLTE.com – Tidak hanya menghadirkan perangkat berteknologi terbaru, Fujitsu juga menyediakan rangkaian lengkap solusi dan layanan teknologi terbaru. Salah satunya yaitu solusi untuk para pelaku usaha retail dan ecommerce. Solusi Fujitsu tersebut bernama Retail Engagement Analytics (REA).

REA dirancang sedemikian sehingga mampu menghadirkan analitik dan insight yang setara dengan kelas e-commerce yang dilengkapi dengan kemampuan untuk melacak, menampung serta menganalisis data pola perilaku belanja, keterlibatan, serta pengalaman masing-masing pelanggan yang berguna sebagai acuan bagi pelaku usaha dalam melakukan strategi bisnis lebih efektif.

Solusi ritel Fujitsu mencakup seluruh rantai kegiatan usaha retail mulai dari toko, gudang, hingga kantor pusat, bahkan mencakup hingga ke backbone di data center. Solusi ini mentransformasikan pengalaman pelanggan di toko dan di seluruh channel, dengan properti intelektual solusi ritel, process knowledge dan integration skills sebagai andalannya.

Solusi REA ini dikembangkan berdasarkan pada sumber-sumber data teragregasi, termasuk dari Wi-Fi access points dan informasi enterprise dalam toko, seperti data transaksi yang dilakukan melalui point of sale (PoS) serta data eksternal lainnya, meliputi data cuaca dan demografi di wilayah lokal dan lain-lain.

REA kemudian akan menghasilkan rekomendasi-rekomendasi yang didasarkan pada data tersebut, sehingga dapat membantu peritel untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dalam berbelanja di toko mereka dengan mengoptimalkan seluruh elemen di dalam toko itu sendiri, seperti desain layout susunan dagangan di toko yang kemudian berpengaruh pada pola penugasan setiap karyawan dari data kedatangan pelanggan.

Dengan tujuan untuk menghadirkan layanan toko yang lebih personal dan melibatkan bagi setiap pelanggan, Fujitsu REA juga dilengkapi dengan kemampuan untuk mendalami perilaku pembeli secara detail dan kemampuan ini biasanya hanya dimiliki pada layanan untuk online vendor, seperti mendata dan menghitung jumlah visit per periode waktu tertentu, volume pengunjung berdasarkan lokasi area, memantau arus pengunjung serta pengunjung yang kembali lagi berbelanja.

Semuanya bisa dipantau, ditelusuri, divisualisasikan dan dinomitor dengan sempurna oleh solusi Fujitsu ini. Selain itu Fujitsu REA juga mampu mendukung peritel yang memiliki model bisnis ‘brick and mortar’ untuk memecah dan mengintegrasikan data lokasi ke aplikasi mobile untuk menyebarkan promosi dari masing-masing yang sifatnya lebih personal kepada setiap pelanggan.