ArenaLTE.com –  Penemuan terbaru Samsung mengenari sebuah komponen RAM berkapasitas 8 GB yang bisa dipasangkan dalam sebuah smartphone memang sudah diumumkan beberapa bulan lalu. Namun sepertinya Samsung tidak menjadi satu-satunya perusahaan yang memonopoli sendirian kehadiran sebuah smartphone RAM 8 GB tersebut. Sebuah perusahaan asal Korea Selatan bernama SK Hynix baru-baru ini mengumkan kemampuan mereka memproduksi sebuah chip memori generasi terbaru RAM 8GB LPDDR4 yang siap dipasangkan kedalam smartphone, tablet dan komputer.

Dilihat dari sisi teknologinya, chipset memori SK Hynix 8GB (64GB) LPDDR4 ini merupakan kolaborasi dari empat buah IC (Integrated Circuit) 2GB (16GB) DRAM yang memiliki kecepatan transfer data pada frekuensi 3733 Mhz. Kecepatan ini lebih rendah daripada frekuensi chipset milik Samsung 8GB LPDDR4 yang diklaim memiliki frekuensi 4266MHz. Memori chipset milik SK Hynix ini juga hadir dengan bandwidth 29.8 GB/s.

smartphone 8 GBJika dibandingkan,memori chipset milik Samsung 8GB LPDDR4 menggunakan proses pabrikan 10 nm, sedangkan chipset memori SK Hynix 8GB (64GB) LPDDR4 ini menggunakan proses pabrikan 21nm, namun masih kompatibel dengan smartphone yang banyak beredar dipasaran sekarang ini.

chipset memori SK Hynix 8GB (64GB) LPDDR4 ini juga mendukung UFS NAND flash memory dengan voltage 1.8 / 1.1V. Versi ini sekarang sudah dipasarkan. Sedangkan versi lain yang menggunakan 0.6V ultra low-grade voltage yang diklaim menjadi versi chipset memori RAM yang lebih hemat konsumsi energi ini akan mulai dipasarkan pada kuartal pertama (Q1) tahun 2017 mendatang.

Kehadiran DRAM 8 GB ini akan meningkatkan pengalaman pengguna smartphone dengan performa dan kinerja smartphone yang semakin canggih khususnya mereka yang mulai menerapkan layar lebar Ultra HD. Dan kita akan dimanjakan dengan pengalaman baru menggunakan teknologi canggih dalam sebuah smartphone di tahun depan yang berisikan paket DRAM Mobile 8 GB.

Kecepatan RAM ini memungkinkan terciptanya Smartphone RAM 8 GB generasi terbaru yang semakin canggih di seluruh dunia. Teknologi ini menawarkan solusi yang dibutuhkan oleh fitur tebaru di smartphone seperti fitur dual kamera, 4K UHD dan fitur virtual Reality (VR).