ArenaLTE.com – Telkomsel memprediksi serbuan smartphone 4G LTE murah di 2016. Sepanjang 2015, smartphone yang memadati jaringan operator telekomunikasi terbesar Tanah Air ini masih didominasi produk high end. Saat ini, Samsung adalah salah satu brand yang paling banyak menyesaki layanan 4G LTE Telkomsel.

Menurut Lindayanti Harjono, VP LTE Commercial Telkomsel yang ditemui ArenaLTE.com di sela-sela peresmian layanan 4G LTE di Pekanbaru, Jumat (18/12/2015), smartphone high end masih yang paling banyak memenuhi jaringan internet generasi keempat mereka. “Saat ini masih produk-produk high end yang teregister di jaringan 4G kami.”

Dominasi smartphone 4G LTE ini nyaris mencapai 100% jumlahnya. Beberapa brand yang memang dikenal sudah merilis smartphone 4G LTE seperti Samsung, iPhone, Lenovo hingga Evercoss paling mudah ditemukan. Namun di 2016, Linda memberikan gambaran jika smartphone 4G LTE murah bakal membanjiri jaringan mereka. “Aturan TKDN dari pemerintah menjadi salah satu pendorongnya,” ujarnya.

Saat ini saja, lanjutnya, sudah mulai bermunculan smartphone 4G LTE murah di kisaran sejutaan. Alhasil, agresivitasTelkomsel menggeber layanan 4G LTE di Indonesia akan berjalan beriringan serbuan smartphone 4G LTE murah di tahun depan.

Mendekati tutup tahun ini, sekitar 2,2 juta pelanggan Telkomsel mulai menggunakan layanan 4G LTE. Walau penetrasinya terhitung masih kecil dibandingkan total pelanggan data Telkomsel yang mencapai 70 juta, prospek bisnis 4G diklaim akan cepat berkembang.

Tahun depan, Telkomsel menargetkan pelanggan data LTE meningkat tiga kali lipat menjadi 8 juta pengguna. Salah satu upaya untuk mencapai target itu adalah mendorong penetrasi smartphone 4G LTE murah lewat strategi bundling.