ArenaLTE.com – Axioo semakin siap tempur di pasar smartphone dan tablet Tanah Air. Sebelumnya produsen komputer lokal ini merilis tablet dengan dua sistem operasi terpadu Axioo Windroid 9G+ dan smartphone pertama berbasis Intel Sofia, Axioo Picophone i1. Kini sang vendor tengah menyiapkan amunisi baru berupa smartphone 4G LTE Axioo untuk segmen menengah.
BacaAxioo Lebur Sistem Operasi Windows dan Android ke Dalam Tablet Windroid 9G+

Sugiyanto, Direktur Edukasi Axioo yang ditemui ArenaLTE.com di Jakarta baru-baru ini menuturkan jika smartphone 4G LTE Axioo akan segera masuk akhir tahun ini. “Smartphone 4G LTE Axioo akan masuk akhir tahun ini. Segmen yang dibidik adalah middle low. Tapi biarpun low kami tidak menjadikannya produk murahan tapi lebih ke stylish,” ujar Sugiyanto seraya menambahkan jika produk tersebut segera masuk di November.

Hal tersebut diamini Alex, Factory Manager Axioo. Ia memberikan bocoran jika Axioo sudah menyiapkan dua unit smartphone 4G LTE Axioo. Perusahaan sepertinya tak ingin mengambil resiko bermain di level atas. Tak heran jika kemudian Alex mengaku bahwa kedua seri tersebut dipersiapkan dengan banderol harga sekitar Rp 2 jutaan.

Alex menegaskan jika pihaknya melihat trend 4G LTE akan menjadi hype di masa mendatang. Pada waktunya, Axioo pun bakal memperkecil produksi handset 3G. Apalagi pihaknya pun sudah sangat siap dalam soal pabrikasi.
BacaAxioo Picophone M4P: Dibekali Spesifikasi Mumpuni, Harga Memikat Hati

Pabrik dengan Kapasitas Produksi 1 Juta Unit per Tahun

Saat ini mereka sudah memiliki pabrik dengan kapasitas produksi 1 juta unit produk per tahun. Alex mengungkapkan jika kapasitas produksi itu terdiri dari line produksi campuran antara tablet, notebook dan smartphone. “Tapi komposisinya sekarang lebih banyak di smartphone mencapai sekitar 50 persen,” tegasnya.

Axioo memiliki pabrik di Sunter, Cakung dan Pulo Gadung. Pabrik di Cakung fokus memproduksi memori sementara pabrik di Sunter dan Pulo Gadung lebih berorientasi pada perakitan notebook, tablet dan smartphone.

Bicara soal pabrikasi smartphone 4G LTE Axioo pihaknya mengaku sudah comply dengan aturan pemerintah soal persentase TKDN (tingkat komponen dalam negeri) smartphone. “Untuk saat ini kan masih 20 persen, kami sudah siap,” ujar Sugiyanto.

Siapkan Pabrik 40 Miliar di Kawasan Cakung

Axioo pun terus memperkuat lini produksinya. Bahkan perusahaan tengah menyiapkan pabrik barunya yang ke-4 di kawasan Cakung, Jakarta Timur. Investasi pabrik baru ini sendiri menelan dana puluhan miliar. “Investasi pabrik ini sekitar Rp 40 miliar,” ujar Alex.

Menariknya, Alex memberikan bocoran jika pabrik baru ini siap melayani merek lain dalam urusan assembling. “Fasilitas produksi di pabrik baru ini bisa untuk merek lain. Kapasitas produksinya sendiri bisa 5-6 kali lipat dari yang sekarang,” imbuhnya.

Jika line produksi sebelumnya bisa menghasilkan 1 juta unit produk dalam setahun, maka di pabrik baru ini, Axioo bisa menghasilkan 5-6 juta unit produk setahun.