ArenaLTE.com – Seperti halnya teknologi 4G, untuk menikmati akses kecepatan tingginya harus memastikan ekosistem terbentuk. Teknologi telekomunikasi baru Voice-over LTE (VoLTE) pun demikian, selain jaringan dan layanan, ponsel juga harus mendukung. Smartfren melalui dua seri baru Andromax R2 & E2, mengungkapkan bahwa dua seri ini sudah mendukung. Bahkan, beberapa seri Andromax lawas yang support LTE akan juga bisa digunakan untuk VoLTE nantinya.

“Kita sedang menyiapkan software untuk beberapa seri Andromax sebelumnya, sehingga bisa mendukung teknologi VoLTE. Dipastikan tahun ini, semua Andromax akan bisa menggunakan teknologi ini sebagai car berkomunikasi,” jelas Munir Syahda Prabowo, disela bincang santai test jaringan VoLTE, di Garut, Jawa Barat.

Dirinya menjelaskan bahwa teknologi VoLTE yang nanti dihadirkan pada perangkat Andromax lawas akan berbentuk firmware, sehingga pengguna cukup melakukan upgrade pada perangkat atau mengunduhnya agar perangkat bisa difungsikan untuk VoLTE.

“Nantinya akan hadir dalam bentuk firmware, sehingga para pengguna Andromax lawas bisa melakukan update perangkat melalui sistem OTA (over-the air). Pembaruan sistem akan bisa meningkatkan perangkat untuk bisa digunakan VoLTE, baik dalam maupun di luar negeri. Mereka bisa video call dengan tarif dasar Voice, bukan data,” ungkap Munir.

andromax-R1-2

Munir yang memang bertugas dalam urusan jaringan di Smartfren, menegaskan bahwa teknologi VoLTE yang dihadirkannya bukan melalui aplikasi. Hal itu berbeda dengan pesaingnya, VoLTE akan hadir dalam bentuk dial number biasa untuk menelepon, sehingga pengguna tidak lagi menginstall aplikasi tambahan melainkan akan secara otomatis bekerja ketika diaktifkan.

Mass Product Departemen Head Smartfren, Hartadi Novianto, dalam kesemapatan yang sama juga menjelaskan bahwa nantinya tarif yang dikenakan kepad pelanggan adalah tarif voice suara biasa. “Tidak ada perbedaan tarif dasar voice biasa dengan VoLTE, dan ini juga tidak dikenakan tarif pada data,” jelasnya.

Jumlah Perangkat

Hartadi Novianto memang tidak menyebutkan secara spesifik dan detail, seri apa saja yang akan mendapat pembaruan firmware tersebut untuk bisa menikmati VoLTE nantinya. Namun dipastikan, beberapa seri Andromax yang sudah support jaringan 4G LTE, yang pasti akan bisa merasakan  VoLTE nantinya.

“Jadi yang masih berbasis CDMA atau EVDO itu belum bisa merasakannya, mereka mau tidak mau harus ganti perangkat. Namun, untuk pengguna Andromax 4G bisa melakukan pembaruan tersebut dengan sistem OTA yang bisa langsung di download,” jelas Hartadi.

Selain pembaruan untuk Andromax Lawas, Hartadi juga menyebutkan bahwa ada beberapa produsen ponsel premium yang nantinya akan diajak bekerja sama. Baru-baru ini perusahaan mengungkapkan sedang melakukan percobaan dengan produk Lenovo, dan kemudian akan juga kemungkinan bekerja sama dengan Samsung.

“Seperti halnya pada seri Galaxy Note 5 ini, sudah mendukung VoLTE maka kemungkinan ada beberapa vendor global maupun lainnya yang akan diajak kerja sama,” jelas Hartadi.