ArenaLTE.com – Seperti di 85 kota lainnya di Indonesia, kini masyarakat Pontianak yang meliputi Kota Pontianak, Sungai Pinyu, Sungai Duri dan Singkawang dapat menikmati kecepatan, kenyamanan dan manfaat jaringan Smartfren 4G LTE Advanced.

Tom Alamas Chief of Sales PT. Smartfren Telecom, Tbk. mengungkapkan bahwa Smartfren terus mempercepat penetrasi penggunaan 4G LTE di Indonesia, dan kini masyarakat Pontianak dapat turut menikmati layanan 4G LTE Advanced sama seperti kota-kota lainnnya di Indonesia.

Tom Alamas menambahkan jika kini Smartfren merupakan penyedia layanan 4G LTE terluas di Indonesia, bahkan pelanggan dapat menikmati layanan 4G LTE Advanced, dimana layanan menjadi lebih optimal, cakupan wilayah yang luas dan kapasitas jauh lebih besar, cepat dan stabil dengan ketersediaan perangkat mobile yang lebih bervariasi.

Teknologi 4G LTE Advanced yang digunakan Smartfren menggabungkan teknologi FDD (Frequency Division Duplex) yang berjalan di frekuensi 850 MHz dan teknologi TDD (Time Division Duplex) di frekuensi 2300 MHz. Teknologi FDD memberikan jangkauan Smartfren 4G LTE Advance menjadi lebih luas, sementara TDD menghasilkan kapasitas download/akses internet menjadi sangat cepat.

Smartfren 4G LTE Advance

Baca juga7 Kelebihan Layanan Menelepon Via VoLTE dari Smartfren yang Perlu Kamu Ketahui

Penggabungan dua teknologi 4G LTE ini menjadikan Smartfren sebagai operator 4G LTE Advanced pertama di dunia yang menggabungkan FDD dan TDD secara bersamaan. Sementara operator 4G lainnya di Indonesia hanya mengaplikasikan satu platform teknologi 4G LTE saja .

Vendor network ZTE dan Nokia yang digandeng untuk pengembangan jaringan Smartfren 4G LTE Advanced. ZTE mengembangkan infrastruktur layanan 4G Smartfren di wilayah Timur Indonesia, meliputi Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali Lombok, Kalimantan, Sulawesi, termasuk di Pontianak. Sementara untuk Nokia saat ini menggarap pembangunan BTS 4G LTE Advanced di Indonesia bagian Barat yang meliputi Jabodetabek, Jawa Barat dan Sumatera.

Lazarus Bako Tembang, Region Head Sulawesi & Borneo PT. Smartfren Telecom, Tbk. menjelaskan bahwa untuk memastikan teknologi ini dapat menjangkau masyarakat di Pontianak, Smartfren bermitra dengan PT Sinar Multi Utama, sebagai distributor yang akan melayani ketersediaan produk di Regional Sulawesi dan Kalimantan.