ArenaLTE.com – Penggunaan platform online dalam memasarkan sebuah brand menjadi pilihan yang ideal bagi para pemilik usaha untuk menjangkau pelanggannya. Situs web pun menjadi etalase toko untuk memperkenalkan produk atau layanan yang tersedia. Salah satu diantara kisah sukses dari keberhasilan pemasaran dengan menggunakan platform online ini adalah Smallbites yang menjual jasa layanan fotografi anak dan kehamilan.

Smallbites memang dibangun dengan berawal dari hobi, Rittar Rajagukguk tidak pernah membayangkan dirinya sebagai juru foto anak yang terkenal dan sukses. Akan tetapi, ketika suaminya, yang seorang juru foto pernikahan, sibuk dengan pekerjaannya, Rittar mulai memotret putranya untuk mengabadikan momen dari tahap dan pencapaian dari perkembangan anaknya.

Setelah itu, hobi ini berubah menjadi profesi yang telah menghasilkan pendapatan yang cukup besar bagi Rittar, dengan semakin banyaknya orang menginginkan Rittar untuk mengabadikan momen terbaik anak mereka.  

Baca :
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Bandung Digelar di UNIKOM
DBS BusinessClass Bantu Startup & UKM Kembangkan Jaringan Tingkat Asia

Rittar kemudian semakin serius menekuni dunia fotografi dengan memutuskan untuk bergabung dalam National Association of Professional Child Photographers (NAPCP) guna menambah pengetahuan dan memperluas jaringan profesionalnya dengan fotografer anak lain dari penjuru dunia. Melalui asosiasi ini, Rittar belajar bahwa website dapat membantu menguatkan personal brand serta menunjukkan profesionalisme seseorang.

Pemasaran Melalui Situs Web

Rittar pun membuat sebuah website dengan nama domain Smallbitesbyrittar.com untuk menampilkan semua hasil karyanya dalam berbagai macam kategori seperti fotografi kehamilan, new born baby, dan tumbuh kembang anak. Rittar memanfaatkan websitenya sebagai saluran pemasaran utama. Dengan menampilkannya dalam website, calon pelanggan dapat melihat seluruh hasil karyanya serta memahami gaya fotografinya. Rittar yakin bahwa memiliki website telah memudahkan upaya pemasarannya, sehingga ia tidak perlu bertemu langsung guna mempresentasikan hasil karya-karyanya kepada calon pelanggan.

“Website adalah salah satu alat pemasaran paling efisien dan efektif yang dapat dimiliki sebuah bisnis. Menggunakan website .com memungkinkan saya untuk menjangkau audiens yang lebih luas, tidak hanya di Indonesia tetapi lebih luas lagi. Nama domain .com telah membawa kesuksesan besar pada saya.” kata Rittar. 

Selain itu, Rittar juga menggunakan Instagram untuk menampilkan foto-fotonya serta mengarahkan pengunjung ke website. Menurut Rittar, mengintegrasikan Instagram dengan website dapat menciptakan trafik organik ke websitenya, sehingga mampu menempatkan website miliknya itu pada halaman pertama mesin pencari. 

Pemilihan Domain Sesuai Tujuan Bisnis

“Saya memilih domain .com karena domain tersebut sudah dikenal secara global dan mampu mempromosikan profesi saya sebagai fotografer anak kepada khalayak yang lebih luas. Melalui Smallbitesbyrittar.com, kini saya bisa menjangkau klien dari berbagai kota besar di Indonesia, bahkan hingga Singapura, Malaysia, Melbourne, dan Sydney sehingga membantu saya untuk menghasilkan pendapatan hingga seratus juta rupiah setiap bulannya,”. Rittar juga percaya bahwa Smallbitesbyrittar.com telah memperlihatkan hasil karya serta brand yang dimilikinya. 

Hingga saat ini Rittar telah memenangkan beberapa penghargaan global di bidang fotografi anak termasuk juara satu dalam Nikon Indonesia Photo Competition dan beberapa penghargaan dari NAPCP (Juara tiga – Best Photographer July 2012; Juara dua – Best Photographer January 2013, dan Honorable MentionPhotographer January 2016).