ArenaLTE.com – Banyak pengguna ponsel beranggapan bahwa kualitas jaringan yang baik, bisa dilihat dari notifikasi sinyal bar yang terpampang pada smartphone. Meskipun hal tersebut memang tidak bisa disalahkan, namun ternyata anggapan tersebut dirasa kurang tepat. Haris Chandra, General Manager Performance Network XL Axiata, mengungkapkan bahwa bar sinyal penuh bukan berarti kualitasnya bagus.

Dalam sesi acara diskusi ringan tentang pengujian jaringan 4G, di Jakarta, Haris Chandra menuturkan bahwa sinyal bar yang ada pada smartphone sebenarnya tidak bisa dijadikan pegangan. Hal tersebut tidak memberikan informasi bahwa sinyal bar penuh, berarti kualitas jaringan bagus dan berjalan baik.

“Empat bar, tiga bar, dua bar, tidak menjamin kualitas itu bagus. Masih ada teknik lain dan turunan lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui kualitas tersebut. Gampangnya, di Android kita bisa gunakan aplikasi GeneTrack kemudian bertukar SIM card dalam satu ponsel untuk mengetahui kualitas tersebut.  Jika hasilnya bagus, tentu experience kerja akan lebih nyaman,” jelas Haris.
Baca juga: Alasan Kenapa Sih Kita Harus Beralih ke Smartphone 4G LTE

Pun demikian, ekspektasi seseorang memang paling mudah dari penetapan angka dari sinyal bar yang ditunjukkan. Minimalnya angka bar kerap bisa digunakan untuk sekedar melakukan aktivitas komunikasi, namun belum bisa digunakan untuk mengetahui kualitas komunikasi.

Haris juga menyebutkan, ada beberapa cara lain untuk pengujian yang memang cukup rumit untuk mengetahui persis kualitas jaringan. Namun, cara yang sederhana dengan pemasangan aplikasi  tersebut bisa dicoba untuk sekedar mengetahui coverage dari operator.

“Dan untuk menikmati kualitas layanan yang diberikan operator, memang sebaiknya pelanggan memahami tentang produk dan kebutuhannnya sendiri. Kenali produk itu, karena setiap produk layanan sudah di set (diatur) berdasarkan  quality of service atau kualitas layanan yang berbeda. Karena setiap produk akan memiliki experience yang berbeda-beda,” jelas Haris.

Ia juga menambahkan bahwa untuk mengetahui kualitas jaringan, maupun melakukan tes jaringan harus fair. Jadi, setiap pengguna sebaiknya melihat dari semua aspek, perangkatnya (ponsel), produk layanan operator, dan daerah coverage yang tidak bisa disingkirkan.