ArenaLTE.com – Kejadian pembobolan dan pencurian data penting (password) di internet sangat sering terjadi. Proses pembobolan data penting atau yang sering disebut “hacking” ini dilakukan melalui berbagai cara menggunakan koneksi internet. Salah satunya yaitu ketika proses sinkronisasi web browser, hal ini terungkap dari laporan resmi browser Opera yang menerangkan bahwa minggu ini, Opera berhasil mendeteksi terjadinya serangan percobaan pencurian data penting (password) terhadap sistem sinkronisasi web browser opera.

Lebih jauh, pihak Opera menerangkan bahwa serangan mencurigakan ini telah berhasil diblokir dan proses penyelidikan sedang berlangsung untuk mendeteksi berbagai hal atas kejadian ini. Meskipun demikian pihak Opera memperkirakan ada sebagian data pengguna yang berhasil dicuri. Oleh karena itu pihak menyarankan agar para pengguna Opera segera mengganti dan memperbaharui akun login dan password.

Pihak Opera juga telah melakukan berbagai tindakan lain untuk tetap mengembalikan password yang masih terekripsi dan aman, namun selebihnya semua password akun pengguna sinkronisasi Web browser Opera di reset ulang.

Opera juga telah mengirimkan email kepada semua pengguna layanan sinkronisasi Web browser Opera dan menginformasikan tentang kejadian hacking ini dan meminta untuk memperbaharui password di akun mereka.

Termasuk menyarankan untuk mengganti password jika menggunakan aplikasi hak ketiga yang berhubungan dengan layanan sinkronisasi browser Opera. Untuk mendapatkan password baru dari opera bisa menggunakan layanan reset password ini.

Menurut pihak Opera, hingga bulan lalu ada sekitar 1,7 juta pengguna aktif layanan sinkronisasi web browser Opera yang terancam terkena “hack”. Jumlah ini hanya sekitar 0,5% saja dari seluruh pengguna browser Opera yang berjumlah sekitar 350 juta penggunannya. Pengguna web browser Opera lainnya yang tidak menggunakan sinkronisasi web browser Opera bisa dipastikan aman.

Baru-baru ini Opera juga telah melakukan inovasi untuk meningkatkan pengalaman pengguna smartphone Android dengan menghadirkan aplikasi Opera VPN untuk meningkatkan privasi pengguna dalam berinternet, menghilangkan cookies pelacak iklan, memudahkan pengguna dalam mengakses lebih banyak konten di Internet, memperluas jangkauan geografis aplikasi, serta menguji keamanan jaringan nirkabel (Wi-Fi).