Sharp Aquos Android TV 4K Diluncurkan di Indonesia

ArenaLTE.com - ArenaLTE.com - PT Sharp Electronics Indonesia (SEID) meluncurkan serangkaian produk TV terbaru yang sudah terintegrasi dengan teknologi Android. Terdepan adalah Sharp Aquos Android TV 4K yang dijejali dengan berbagai fitur unggulan. Pada kesempatan yang sama Sharp juga meluncurkan TV 4K UHD.

Langkah Sharp menghadirkan TV 4K berbasis sistem operasi mobile besutan Google tersebut terdorong oleh tumbuhnya penggunaan ponsel pintar (smartphone) di Indonesia dan kian meroketnya pamor sistem operasi Android. Alhasil, berbagai fitur yang biasa dijumpai pada smartphone kini bisa dinikmati melalui layar TV yang lebih besar dan nyaman bersama seluruh anggota keluarga.

AQUOS-4K-Android_UE630X-(FRONT)-01_resized“Kami melihat adanya minat yang semakin berkembang pada situs online gratis di Indonesia. Dari hasil riset yang kami peroleh, Indonesia bahkan menempati posisi pertama dalam hal kebiasaan menonton konten video seperti tayangan sepak bola maupun film dari situs online gratis, yaitu sebesar 49 persen, mengungguli responden dari negara lainnya seperti Australia, Singapura, dan India. Hanya 16 persen responden Indonesia yang memilih untuk menonton melalui TV kabel dan 12 persen saja yang menyaksikan melalui free-to-air TV ,” ungkap Fumihiro Irie selaku President Director SEID.

Ia melanjutkan, jika hasil riset yang sama rupanya juga mengungkap fakta menarik lainnya, bahwa sebanyak 43% responden Indonesia lebih senang menyaksikan konten video melalui layar televisi. Hanya 29% responden yang memilih menonton melalui smartphone, 24% memilih laptop atau komputer, dan 3% saja yang memilih tablet.

TV ini sudah dilengkapi berbagai fitur menarik antara lain Smart Remote. Konsumen tinggal menekan tombol mic pada Smart Remote, dan TV pintar ini pun akan mengikuti instruksi yang diberikan, seperti browsing pada Google, mencari video atau film di YouTube, menemukan aplikasi favorit di Google Play, dan sebagainya. Tak perlu khawatir bahasa tak terdeteksi karena fitur Google Voice Search telah didukung oleh 87 bahasa dunia dengan tingkat akurasi yang mengagumkan.

Selain mampu ‘memahami’ kalimat, Smart Remote ini juga mampu menerjemahkan berbagai dialek daerah di seluruh dunia. Tak ada Smart TV lain yang memiliki kemampuan semacam ini, dengan dukungan bahasa dan tingkat akurasi sebanyak milik Sharp.

Sharp Aquos Android TV juga dilengkapi fitur Recommendation. Fitur yang muncul secara otomatis pada home screen ini akan menampilkan rekomendasi video, musik, games, serta hiburan lainnya yang telah dipersonalisasi berdasarkan viewing history penggunanya sehingga tak perlu lagi membuang waktu untuk berselancar di dunia maya.

Sharp Aquos Android TV 4K juga mengakomodasi gamers karena dapat dinikmati untuk permainan konsol. Sebanyak empat controllers dapat dikoneksikan pada TV, sehingga ini memungkinkan para konsumen untuk bermain game secara interaktif bersama anggota keluarga dan teman-teman dari layar TV yang besar, dengan kualitas grafis yang jauh melampaui Smart TV lainnya.

TV terbaru ini telah dibenami teknologi 4K dengan resolusi pixel 3,840 x 2,160 atau empat kali lipat dibandingkan dengan TV Full High-Definition (HD) biasa, dengan reproduksi warna yang lebih kaya terutama merah dan hijau berkat fitur Rich Colour, serta 4K Master Engine Pro, resolution converter hanya dari Sharp yang diklaim bisa membuat gambar menjadi lebih tajam.

Sharp Aquos Android TV (UE630X series) dan 4K UHD TV (UA330X series) akan tersedia di pasar pada September 2015. 4K Android TV dirilis dalam 3 varian ukuran dan harga, yaitu 50 inch (Rp 18 juta), 58 inch (Rp 29,9 juta), dan 65 inch (38,9 juta). Sementara itu, 4K UHD TV diluncurkan dalam dua tipe, 40 inch (Rp 9,9 juta) dan 50 inch (Rp 15,9 juta).

Leave a Comment