ArenaLTE.com – Demi mewujudkan ambisinya untuk menduduki peringkat ketiga sebagai produsen smartphone global dengan pangsa pasar 15% dan target penjualan sebesar 140 juta unit di 2016, Huawei akan menggelontorkan banyak produk baru di tahun ini. Di seri P yang merupakan kelas premium saja, perusahaan langsung menggelontorkan tiga produk sekaligus yaitu seri Huawei P9, P9 Plus, dan P9 Lite. Lalu, kapan smartphone tersebut dirilis di Indonesia?

Ellen Angerani, Marketing Director, Device Business Department of Huawei Indonesia, mengatakan bahwa seri premium tersebut tidak akan dipasarkan secara serentak, melainkan bertahap. “Kami ingin memastikan bahwa semua smartphone 4G LTE Huawei yang dipasarkan di Indonesia mengikuti peraturan yang ada (TKDN) dengan diproduksi di sini. Jika melihat kesiapan pabrik Huawei yang ada di Surabaya, maka seri Huawei P9 Lite yang akan dipasarkan terlebih dulu di musim Ramadhan bulan Juni nanti,” ujarnya.

Huawei P9

Ia beralasan, Huawei P9 Lite adalah yang paling bisa segera dipasarkan karena teknologinya yang sudah bisa diakomodir oleh pabrik Huawei yang merupakan kerjasama dengan PT Panggung Electric Citrabuana. “Untuk  seri Huawei P9 dan P9 Plus itu teknologinya sangat canggih, apalagi kami kerjasama dengan Leica yang mana harus mengikuti standar kualitas yang ketat. Sehingga masih butuh proses untuk transfer teknologi agar pabriknya bisa memproduksi. Estimasinya setelah Lebaran atau sekitar bulan Agustus, Huawei P9 sudah bisa dipasarkan kemudian nanti menyusul yang Huawei P9 Plus,” jelasnya.

Sementara itu Henry Hsu, Chief Operating Officer Consumer Business Group South Pasific Region Huawei mengatakan pihaknya sangat optimis trio Huawei P9, P9 Lite dan P9 Plus akan diterima dengan baik dari masyarakat. Ia melihat sentimen positif yang naik secara signifikan terutama semenjak dirilisnya seri P9 yang merupakan hasil kolaborasi dengan Leica.

Karena seri P9 dan P9 Plus berdasarkan kolaborasi teknologi yang signifikan antara Huawei dan Leica di banyak aspek kamera, termasuk desain optik, kualitas pencitraan, pengolahan data citra, optimasi, dan konstruksi mekanik dari modul kamera ke antarmuka pengguna grafis. Smartphone ini juga dilengkapi dengan kamera dual-lensa yang menakjubkan bagi smartphone. “Produk ini telahmenetapkan patokan baru dalam teknologi kamera smartphone, dengan lebih banyak cahaya dan kejelasan yang lebih baik, untuk menangkap warna yang cemerlang dan gambar hitam dan putih mencolok dalam gaya Leica yang sesungguhnya,” ujarnya.

Menurut Luke Au, selaku Southern Pacific Handset Product Marketing Director Huawei, P9 menawarkan konsumen dengan pilihan baru untuk perangkat mobile premium. pPoduk ini diyakini dapat memberikan kontribusi besar untuk pertumbuhan Huawei di pasar perangkat mobile medium danhigh-end  di seluruh dunia, dan sedini pencapaian yang dirasakan per akhir Mei di wilayah Southern Pacific.

“Dengan lebih dari 90% konsumen yang menitikberatkan kualitas kamera sebagai faktor utama dalam membeli produk, ini lebih dari sekedar mengambil foto. P9 memenuhi kebutuhan konsumen pada saat mengabadikan momen dan juga mengubah kehidupan dari orang-orang terdekat mereka,” Ujar Au.