ArenaLTE.com – Sebagai vendor smartphone peringkat teratas global, Samsung sanggup bermain di semua segmen smartphone. Dan sebagai treatment untuk mendukung kampanye smartphone di level high end, Samsung punya divisi riset dan pengembangan yang terbaik dibanding vendor-vendor lainnya. Salah satunya wujudnya, baru-baru ini meluncurkan sepatu pintar Samsung.

Berbeda dengan sepatu pintar (smart shoes) yang pernah diciptakan oleh Nike dan Apple, sepatu pintar Samsung ini khusus diciptakan untuk mendukung golf, olahraga untuk kalangan papan atas yang juga sesuai dengan target pasar seri Galaxy S dan Tab. Sepatu pintar yang diberi label IOFIT ini aslinya dibuat oleh perusahaan sepatu Salted Venture, yang sejatinya juga merupakan anak perusahaan Samsung.

Sepatu pintar Samsung IOFIT ini berfungsi sebagai “pelatih digital” untuk meningkatkan keseimbangan dan postur tubuh dalam fitness serta kemampuan mengayun tongkat golf. IOFIT diciptakan dalam bentuk sepatu karena dapat dipakai dan mudah untuk menerima informasi dari kaki.

Sepatu ini masih mengharuskan penggunanya untuk melakukan sinkronisasi dengan smartphone, sensor nya sendiri ditanam ke dalam sepatu tersebut yang berarti bahwa Anda tidak perlu aksesori lain lagi. Tidak seperti Wearable Device (Perangkat yang dapat dikenakan) lainnya yang hanya memberikan informasi berupa masalah, IOFIT memberikan solusi bagi masalah tersebut.

Sensor ini akan dapat mendeteksi hal-hal seperti postur dan ayunan, jadi jika Anda salah melakukan gerakan golf, aplikasi kemudian akan dapat memberi tahu Anda apa yang seharusnya dilakukan dan bagaimana memperbaikinya.

Selain itu, solusi jugadapat diberikan karena tersedia fitur video playback (pemutaran video) yang terkoneksi dengan gadget pintar Anda, sehingga data yang diterima IOFIT dapat dianalisis. Sepatu dengan bekal built-in sensor ini dapat mendeteksi berat badan dan pergeseran berat selama mengayun.

Seperti dikutip dari Ubergizmo, berbalut perangkat canggih dari Samsung dan disasar untuk pasar pengguna premium, jelas sepatu pintar Samsung IOFIT  tidak dijual murah, sepatu ini dibanderol seharga US$200.

Sebenarnya sepatu ini telah memulai debut pada awal Februari lalu ketika dipamerkan pada ajang Mobile World Congress 2016. Namun perusahaan baru saja meluncurkan mereka di Kickstarter sejak Agustus 2016 dengan harapan dapat mengumpulkan dana.