ArenaLTE.com – Layanan seluler generasi keempat 4G LTE sudah bisa dinikmati secara luas oleh masyarakat Indonesia. Tak hanya menyajikan akses internet berkecepatan tinggi, namun 4G juga meningkatkan pengalaman dan kualitas menelepon secara signifikan. “Sekarang ini eranya menelepon dengan VoLTE. Suatu kebanggaan bagi kami karena Smartfren merupakan operator pertama yang menyediakan layanan VoLTE di Indonesia serta meluncurkan ponsel pintar yang mendukung layanan menelepon dengan VoLTE,” ujar Merza Fachys, Presiden Direktur PT Smartfren Telecom, di Jakarta (19/2/2016).

Merza menandaskan, pihaknya akan terus berupaya membuka akses teknologi bagi masyarakat Indonesia seluas-luasnya dengan menghadirkan teknologi terkini yang berkualitas. Dua ponsel terbaru yang telah mendukung layanan menelepon dengan VoLTE adalah Smartfren Andromax R2 dan Andromax E2.

Jajaran direksi Smartfren dan Giring Nidji (kedua dari kiri) sebagai brand ambassador Smartfren (Foto: Bimo/ArenaLTE)
Jajaran direksi Smartfren dan Giring Nidji (kedua dari kiri) sebagai brand ambassador Smartfren (Foto: Bimo/ArenaLTE)

VoLTE merupakan layanan voice berbasis data yang mengandalkan teknologi LTE. Teknologi komunikasi suara terbaru ini memungkinkan pengguna untuk melakukan panggilan telepon maupun video dengan kualitas suara yang lebih baik, stabil, dan jernih namun tetap hemat baterai.
Baca: 7 Kelebihan Layanan Menelepon Via VoLTE yang Perlu Kamu Ketahui

Christian Daigneault, Chief Technical Officer Smartren mengatakan menelepon dengan VoLTE merupakan salah satu cara berkomunikasi terdepan di era 4G LTE. VoLTE meyajikan kualitas suara yang sangat jernih dan juga memungkinkan pengguna untuk dapat menikmati video call hanya dengan mengaktifkan opsi video pada layar. Layanan ini sekarang dapat dinikmati oleh seluruh pelanggan kami di 85 kota di Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu Sukaca Purwokardjono, Division Head Smartphone Business Smartfren mengungkapkan dirilisnya Andromax R2 dan Andromax E2 merupakan cara untuk memastikan teknologi VoLTE bisa langsung dinikmati oleh pelanggan dengan mudah. Sebab tidak semua smartphone 4G LTE langsung mendukung layanan ini. Ada syarat yang harus dipenuhi terutama device yang mendukung VoLTE baik dari sisi chipset maupun software dan juga kartu SIM yang telah diaktifkan layanannya.

“Kami berharap langkah kami dalam menyematkan fitur VoLTE pada kedua ponsel pintar tersebut dapat mempercepat penetrasi 4G LTE dan mendukung transformasi digital di Indonesia. Sehingga dapat mewujudkan ekosistem digital yang tidak kalah dengan negara lain,” kata Sukaca.
Baca juga: Jaringan 4G LTE Smartfren Klaim Terluas, Jangkau 85 Kota di Indonesia