ArenaLTE.com – Setelah ditunggu-tunggu lama, akhirnya layanan streaming musik yang populer di dunia bernama Spotify resmi hadir di Indonesia untuk versi Smartphone, tablet dan desktop. Spotify Indonesia menawarkan pengalaman baru mendengarkan musik dengan cara yang unik dengan lebih dari 30 juta lagu. Spotify Indonesia hadir dalam versi bahasa Indonesia di seluruh perangkat mobile, dektop dan tablet, selain playslist musik internasional yang populer, para ahli musik Indonesia di Spotify juga menyusun lagu Indonesia terpopuler mulai dari Bali Lounge hingga musik dangdut.

spotify indonesiaSpotify adalah layananan streaming musik yang berasal dari Swedia dan sudah berdiri sejak 9 tahun lalu. Melalui layanan Spotify kit abisa menikmati konten musik secara streaming ataupun unduh langsung untuk didengarkan dalam mode offline. Layanan ini mirip dengan konsep yang diusung Apple Music, Rdio, JOOX, Guvera atau layanan serupa lainnya. Antusiame penikmat musik cukup tinggi karena gencarnya promosi Spotify Indonesia sejak sepuluh hari terakhir melalui hastag #WaktunyaSpotify selain itu Spotify juga termasuk sebagai salah satu layanan streaming musik yang populer di dunia mengalahkan Pandora, SoundCloud, dan Deezer.

spotify indonesiaDirektur Spotify untuk Asia, Sunita Kaur ketika meluncurkan Spotify Indonesia di kawasan SCBD Jakarta (30/03/2016) mengungkapkan kebanggaannya menghadirkan layanan musik kelas dunia ke Indonesia yang sepenuhnya gratis. Spotify Indonesia menghadirkan pengalaman dan kenikmatan bermusik yang belum pernah ada sebelumnya. Hingga saat ini layanan Spotify sudah digunakan oleh lebih dari 75 juta pengguna secara global dengan subscriber secara global ada sekitar 30 juta.

Fitur Spotify Indonesia

Tampilan dan menu Spotify Indonesia sudah menggunakan bahasa Indonesia. Pada tampilan awal disediakan Menu Search untuk mencari musisi, lagu, dan genre favorit. Fitur Browse digunakan untuk melihat koleksi lagu yang disusun berdasarkan tema, tangga lalu, rilis terbaru, dan semacamnya. Sedangkan Activity adalah rekaman aktivitas yang kita lakukan di Spotify.

Fitur Radio menampilkan playlist (daftar lagu) yang akan diputar sesuai genre atau tipikal musisi tertentu. Ada pula menu Your Music yang menampilkan daftar lagu, musisi, dan playlist favorit kita serta daftar lagu yang diambil dari mmeori smartphone kita. Fitur lain yang tak kalah menarik adalah pilihan Lyrics untuk menampilkan lirik lagu yang sedang diputar. Jadi, kita bisa berkaraoke sambil mendengarkan lagu.

spotify indonesiaBeberapa fitur unggulan Spotify yang tidak miliki oleh layanan streaming musik yang lain adalah fitur running yang mampu mendeteksi tempo dan kecepatan kita berlari, setelah terdeteksi maka Spotify akan secara otomatis menyeseuaikan lagu yang diputarkan sesuai dengan tempo kita berlari. Semakin cepat kita berlari maka lagu yang diputarkan akan semakin cepat pula sesuai dengan kecepatan berlari dan membuat kita lebih semangat untuk berolahraga.

Fitur lain yaitu kemampuan Spotify mendukung PlayStation 4 music. Alih-alih mendengarkan musik yang tidak kita sukai ketika memainkan game di PS4, dengan kemampuan PS4 yang sudah medukung aplikasi, maka kit abisa menjalankan Spotify dan memutarkan lagu favorit sambail memainkan games di PS4. Suara yang dihasilkan tidak akan berbenturan karena di PS4 kita bisa mengecilkan volume suara musik dari games jadi kita hanya mendengarkan lagu dari spotify.spotify indonesia

Cara Menggunakan Spotify Indonesia

Untuk tahap awal, kita harus mendownload aplikasi Spotify di Google Play Store, App Store atau mengaksesnya lewat desktop. Selanjutnya untuk menikmati Spotify, kita diminta untuk membuat akun terlebih dulu. Ragistrasi bisa dilakukand engan memasukkan akun email atau untuk lebih cepat bisa menggunakan akun Facebook. Selesai melakukan registrasi, kita akan diberikan akses penuh selama 6 hari, dan kemudian selama masa promo kita juga ditawarkan akun premium gratis selama 30 hari dengan memasukkan akun kartu kredit.

Setelah masa uji coba berakhir, kita akan tetap dapat menikmati musik secara gratis selamanya. Namun pengguna free ini tentu saja ada beberapa gangguan dengan kehadiran iklan dan fitur yang kurang lengkap termasuk tidak bisa menyimpan lagu secara offline juga mendengarkan musik berkualitas HD.

spotify indonesiaHarga dan Paket Spotify Indonesia

Selain layanan versi gratis, Spotify juga menawarkan layanan premium dengan harga Rp49.990/bulan. Tersedia pula paket berlangganan lainnya, seperti paket Family dengan kisaran harga Rp74.985 sampai Rp149.970/bulan (bergantung pada jumlah anggota keluarga). Hal yang menarik dari Spotify di Indonesia adalah dukungan untuk beragam metode pembayaran. Mulai dari kartu kredit, pembayaran via transfer bank, online banking, bayar secara tunai di Alfamart atau beragam lainnya. Keuntungan layanan premium antara lain memutar lagu tanpa gangguan iklan, panggilan telepon, dan bebas melakukan skip lagu kapan saja dalam sebuah playlist.

Untuk kemunculan perdananya, Spotify Indonesia menggandeng Indosat Ooredoo untuk menyajikan pengalaman mendengarkan musik tanpa kuota dalam paket Freedom Combo. Selain bisa mengakses spotify secara gratis dalam mode mobile free, pengguna Indosat Ooredoo bisa memmeiliki akun Spotify Premium sebagai bagian dari paket IM3 Ooredoo Freedom Combos dengan biaya mulai dari IDR24.999 hingga IDR39.999. Semua pengguna paket Freedom Combo akan mendapatkan akses gratis penggunaan data untuk Spotify Indonesia serta mendapatkan Double Quota Data dan Unlimited Voice & SMS Calling.