ArenaLTE.com – Microsoft menegaskan komitmen perusahaan untuk mendukung perkembangan teknologi dan memberdayakan komunitas developer di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Satya Nadella, CEO Microsoft yang berkunjung ke Jakarta dan menyampaikan keynote speech dalam acara Microsoft Developer Festival (26/05/16). Di hadapan 1.500 pengembang aplikasi lokal, ia mengatakan kemajuan teknologi digital telah mengubah dunia melalui berbagai produk dan layanan baru yang diwujudkannya, termasuk dalam aspek kehidupan sosial manusia.

“Misi kami adalah memberdayakan setiap orang dan organisasi di Indonesia, membantu demokratisasi teknologi di sini untuk mencapai banyak hal. Untuk dapat mencapai misi ini, kami perlu memberdayakan seluruh developer di Indonesia dengan teknologi dan platform yang memungkinkan mereka untuk mengekspresikan kreativitas serta mengubah dunia,” ujar Nadella.

Menurutnya, Microsoft sendiri berperan sebagai penyedia teknologi yang bisa dipakai untuk mewujudkan ide dan konsep menjadi wujud nyata, seperti platform cloud Azure. Pria kelahiran India ini juga memuji sikap pemerintah Indonesia yang menurutnya memiliki “great sense” dalam mendukung program teknologi tinggi di Tanah Air seperti hackathon.

Dalam acara ini, Satya menjelaskan bagaimana komputasi awan dan sejumlah teknologi terintegrasi lainnya dapat membantu bisnis untuk tumbuh dan berkembang. Dengan dominasi era mobile-first, cloud-first yang semakin meningkat, developer diharapkan dapat memainkan peran signifikan dalam membantu organisasi menghadapi transformasi digital. Ia juga mengaku kagum karena platform Azure sudah dipakai oleh beberapa pihak dan pemerintah di Indonesia, seperti Garuda Indonesia, e-rapport, Radya Labs, dan Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS).

Selain itu, Nadella juga mempromosikan teknologi mixes reality capture (MRC) HoloLens yang sudah dijalankan oleh berbagai perusahaan, pabrik, sampai ke luar angkasa — HoloLens sudah menyambangi Stasiun Luar Angkasa Internasional dan sudah dicobakan oleh astronaut NASA Scott Kelly beberapa bulan yang lalu. Teknologi ini menurutnya dapat mempermudah berbagai pihak, mulai dari akademisi hingga kalangan medis untuk mempermudah komunikasi jarak jauh. Terlebih dengan wilayah Indonesia yang luas, mixed reality bisa menghemat waktu untuk menyampaikan edukasi, juga layanan kesehatan.

Berkunjung ke SMP Muhammadiyah 9 Jakarta

Kunjungan-Satya-ke-MuhammadiyahDalam rangkaian kunjungannya ke Indonesia, selain menghadiri Microsoft Developer Festival, Satya Nadella juga menyempatkan diri berkunjung ke salah satu sekolah unggulan yaitu SMP Muhammadiyah 9 Jakarta. Karena merupakan salah satu sekolah di Indonesia yang telah berkolaborasi dengan Microsoft.

Selama kunjungan, Nadella duduk dan berdiskusi bersama sekelompok siswa mengenai penggunaan teknologi seperti OneNote dalam proses belajar mengajar. Nadella juga bertemu dengan guru-guru SMP Muhammadiyah 9 Jakarta dan perwakilan Organisasi Muhammadiyah. Melalui kolaborasi dengan sekolah-sekolah seperti SMP Muhammadiyah 9 Jakarta, Microsoft berharap dapat mempermudah cara siswa belajar di kelas dengan memaksimalkan pemanfaatan teknologi.