ArenaLTE.com – Berapa kapasitas storage internal smartphone kalian? 16 GB atau 32 GB? Kapasitas penyimpanan ukuran seperti ini mulai terasa kurang apalagi jika smartphone tidak dilengkapi slot memori eksternal. Kini dengan Samsung storage chipset terbaru, memori internal smartphone bisa mencapai kapastias hingga 256 GB.

Inovasi terknologi dan fitur smartphone terus berkembang semakin canggih, dengan resolusi layar yang semakin tajam, RAM besar yang bisa menjalankan aplikasi apapun hingga resolusi kamera yang tinggi dengan hasil foto yang sangat baik. Namun sayangnya ukuran storage (memori penyimpanan) smartphone tidak ikut berevolusi.

Dari sekian banyak fitur terbaru dalam smartphone yang canggih, inovasi di sektor memori penyimpanan (storage) memang terkesan lambat. Sudah sejak tiga tahun yang lalu belum ada inovasi teknologi yang mengembangkan kapasitas memori internal smartphone. Namun kini harapan kita akan sebuah smartphone dengan storage yang sangat luas terjawab sudah.

Samsung pertama kali memperkenalkan storage chipset 256 GB ini sejak akhir Februari lalu. Dan kini Samsung mulai memproduksi Samsung storage chipset terbaru mereka tersebut yang akan membuat sebuah smartphone mampu memiliki kapasitas memori internal hingga 256 GB.

 

Memori chip produksi Samsung Electronics ini menggunakan basis Universal Flash Storage 2.0 (UFS) standard. Chip ini mampu menyaingi kecepatan akses seperti SATA-based SSD di komputer. Samsung mengklaim kecepatannya dalam membaca data mencapai hingga 850MB/s dan 260MB/s write data setara dengan 3x lipat kecepatan akses memori card.

Dengan kecepatan ini kita akan nyaman menonton dan merekam video atau film 4K. Samsung juga mengungkapkan dengan chip 256GB UFS 2.0 ini smartphone terbaru nantinya akan mendukung interface USB 3.0 dimana kita bisa melakukan transfer video beresolusi 1080p berdurasi 90 menit hanya dalam 12 detik saja.

Meskipun tidak sempat ditancapkan dalam Samsung Galaxy S7, Dengan mulai diproduksinya Samsung storage chipset terbaru ini diperkirakan tahun ini akan segera muncul smartphone terbaru dengan kemampuan ini. Akankah Galaxy Note 6 yang menjadi smartphone pertama di tancapkan chipset ini? atau mungkin iPhone 7? Kita tunggu saja kehadiran smartphone 256 GB.