ArenaLTE.com – Selain piawai menggarap pasar smartphone dan tablet, Samsung juga turut bersaing di pasar kartu memori. Karena persaingan di segmen ini cukup keras, dimana merek SandDisk dan beberapa pemain lain cukup mendominasi, maka Samsung mengambil posisi dengan merilis varian kartu memori untuk segmen gadget high end. Salah satu yang terbaru adalah versi 128GB Pro Plus, jenis kartu memori MicroSD yang disasar untuk segmen premium. Pasalnya, harga yang ditawarkan terbilang mahal untuk ukuran microSD, yakni US$199,9 atau sekira IDR 2,6 jutaan.

Tentu ada harga ada rupa, 128GB Pro Plus menawarkan beberapa hal yang serius untuk dipikirkan pada pengguna high end gadget. Diantaranya adalah kecepata membaca sistem microsD yang digadang bisa mencapai 95MB per detik dan 90MB per detik. Ini lebih cepat ketimbang kecepatan yang diunggulkan pada seri microSD Samsung sebelumnya, yakni 128GB EVO Plus yang punya kecepatan membaca sistem 20MB per detik dan 80MB per detik.

Oleh Samsung, 128GB Pro Plus disasar untuk kebutuhan gaming, dimana akselerasi sistem pada game multimedia membutuhkan kecepatan membaca yang lebih tinggi. Sehingga diharapkan tidak ada lag saat memainkan game yang file-nya tersimpan pada kartu memori. Uniknya lagi, Samsung menjamin soal ketahanan dan performa pada 128GB Pro Plus, pasalnya kartu memori ini sudah menyandang sertifikat IEC 60529 dan IPX7 untuk waterproof. Sertifikasi tersebut juga tak hanya meladeni waterproof, microSD canggih ini juga menyandang kemampuan temperature proof, X-ray proof, dan magnetif proof.

Seperti diketahui, sistem pada microSD kerap mengalami masalah jika menghadapi suhu tinggi dan efek magnetik. Saat ponsel Anda terendam di air dan rusak, setidaknya kartu memori di dalamnya masih aman dengan 128GB Pro Plus.

Baca artikel lengkap : Pengguna Apple impikan kapasitas memori besar

Di pasar microSD, sampai saat ini kapasitas memori terbesar microSD masih dipegang oleh produk besutan SanDisk yang menawarkan seri Ultra XC1 dengan kapasitas 200GB. Tidak ada informasi tentang kecepatan membaca microSD ini, tapi disebut kemampuannya dapat mendukung rekan video 4K selama beberapa jam. Di situs Amazon, MicroSD 200GB keluaran SanDisk ditawar dengan harga US$99,9.