ArenaLTE.com – Februari lalu, Samsung meluncurkan Internet browser 4.0 yang membawa berbagai perbaikan termasuk ad-blocking. Kala itu, fitur hanya bisa dinikmati pengguna smartphone Galaxy terbaru seperti Galaxy S6 dan Note 5. Sebagai manfaatnya pengguna bisa memblokir iklan dari berbagai situs dan mempercepat waktu memuat halaman atau loading.

Hal tersebut dimungkinkan setelah Samsung melakukan kerja sama dengan Rocketship App untuk membenamkan plugin Adblock Frast di Samsung Internet. Namun dikutip dari Ubergizmo.com (28/3/2016), Samsung kini telah merilis fitur tersebut ke pengguna browser Internet browser di smartphone seri lawas. Smartphone yang kebagian termasuk model Galaxy S4, Galaxy Note 3 dan perangkat lain yang tidak bisa menjalankan versi Android Lollipop.

Sebagai informasi, fitur ad blocking memungkinkan iklan terblokir. Fitur juga membuat pengguna bisa membuka video dalam jendela pop up dan tetap browsing ketika video diputar. Ada pula Secret Mode di pembaruan Samsung Internet. Tak hanya meminimalkan waktu loading, Adblock Fast juga memungkinkan pengguna untuk menghemat kuota data.

Karena, ukuran laman web yang dimuat tanpa iklan akan jauh lebih kecil dibandingkan dengan yang berisi iklan. Pada sistem operasi Android, hal ini tidak dapat dilakukan sesederhana menginstal aplikasi tambahan pada browser. Browser buatan Google sendiri, Chrome, sampai sekarang ini belum dapat memblokir konten iklan.

Selain dikabarkan membuka browser untuk ponsel Galaxy yang lebih tua, Samsung juga memperluas ketersediaan browser web untuk Galaxy S7 dan Galaxy S7 Edge yang bundling dengan Verizon.

Tak hanya untuk browser Android buatan Samsung, plugin Adblock Fast kini juga dimanfaatkan browser iOS, serta Chrome dan Opera versi desktop. Dengan lisensi open source, pengguna dapat menginstalnya secara cuma-cuma.