ArenaLTE.com – Memiliki ide kreatif terutama dalam menghadirkan aplikasi di era digital, memang kerap memiliki masalah terutama dalam dorongan finansial. Hal tersebut yang kerap menghantui mahasiswa Tanah Air yang diklaim banyak memiliki ide, namun terkendala banyak hal untuk mewujudkannya. Melalui program Samsung Ideaction, perusahaan meyakinkan bahwa bisa mewujudkan hal tersebut sekaligus untuk mendongkrak industri kreatif Tanah Air.

Samsung Ideaction sendiri merupakan program kegiatan kompetisi di ranah teknologi yang diperuntukkan untuk mahasiswa Indonesia. Ide-ide kreatif kaum muda Indonesia, diharapkan bisa membantu memecahkan masalah Tanah Air melalui teknologi yang dikembangkan.

“Samsung elektronik percaya kemudahan hidup dapat ditunjang dengan teknologi, maka inovasi yang terus menerus dilakukan adalah hal yang penting. Kami melihat minat anak muda terhadap teknologi harus diberikan wadah yang layak, serta dukungan dari semua pihak, termasuk korporasi agar memberikan dampak luas ke masyarakat,” jelas Vebbyna Kaunang, Marketing Direktur IT & Mobile Samsung Elektronik Indonesia dalam keterangannya.

Ia menjelaskan, Samsung Ideaction adalah salah satu program yang akan mendorong lebih banyak anak muda untuk menciptakan, serta menghasilkan ide kreatif di bidang teknologi dengan tindakan nyata. Perusahaan akan membantu untuk mewujudkan ide anak muda dengan aksi nyata.

Saat ini, Samsung memilih sebanyak 12 universitas di Indonesia untuk memberikan dukungan kepada para mahasiswanya, sehingga bisa menghasilkan ide kreatif melalui teknologi. Ada sekira tujuh finalis yang nantinya akan dipilih perusahaan, kemudian memilih tiga pemenang dengan ide paling kreatif.

Dalam dukungannya, Samsung elektronik mengklaim akan memberikan hadiah utama berupa kesempatan untuk mengikuti edu trip ke Korea Selatan. Pada kesempatan itu juga, sang juara dapat mengunjungi musium inovasi Samsung, serta bertemu dan sharing dengan para tim R&D perusahaan.

Selain edu trip, perusahaan juga menjanjikan hadiah berupa biaya pendidikan senilai IDR100 juta, serta dukungan fasilitas bagi universitas pemenang senilai IDR100 juta. Dan diharapkan dengan fasilitas dan dukungan yang diberikan perusahaan, dapat lebih memacu mahasiswa untuk lebih berkreatif dalam penciptaan aplikasi untuk memudahkan aktivitas kehidupan masyarakat.

“Generasi milenial atau kaum muda Indonesia saar ini, akan memiliki peranan besar pada banyak bidang di Tanah Air hingga 2020 mendatang. Minat mereka perlu dibina dari sekarang, salah satunya melalui pendekatan teknologi yang memang tidak dapat dipindahkan dari kehidupan sehari-hari mereka,” jelas Vebby Kaunang.

Untuk juri dalam kompetisi ini sendiri, Samsung menggaet tim panel dari peneliti tenaga listrik dan mekatronika LIPI, yakni Yoris Sebastian. Serta pemasar kreatif dari OMG Creative Consulting, dan Rama Mamuaya dari Daily Social. Sedagkan dari pihak internal perusahaan, Vebby Kaunang dari selaku direktur IT dan Mobile, serta Alfred Boediman, VP Samsung R&D Institute Indonesia ikut mengawal.