ArenaLTE.com – Samsung dikabarkan bakal memproduksi layar OLED (organic light-emiing diode). Business Korea melaporkan Samsung membuat investasi OLED di Tangjeong sebesar US$325,73 juta. Perusahaan menghabiskan jutaan dolar untuk pembelian peralatan produksi dari produsen peralatan OLED untuk fasilitas produksi dalam upaya untuk melipatgandakan output pabrik dari 15.000 lembar mother glass hingga 30.000 lembar per bulan.

Mother glass adalah ukuran terbesar yang mungkin dari kaca yang dihasilkan. Nama ini diberikan sebab bisa menghasilkan banyak layar panel datar yang lebih kecil. Untuk dibuat menjadi layar, mother glass ini harus dilapisi melalui proses kimia.

Dilansir situs Ubergizmo.com, pabrik di Tangjeong akan menjadi basis produksi layar OLED fleksibel terbesar Samsung Display. Ebest Investment & Securities Co memperkirakan total kemampuan produksi panel OLED Samsung Display akan meningkat lebih dari dua kali lipat dari kapasitas saat ini 39 ribu lembar per bulan menjadi 90 ribu lembar per bulan.

Baca juga: 10 Fakta Menarik yang Membawa Samsung Menjadi Korporasi Raksasa

Pengamat industri berspekulasi bahwa Samsung Display berinvestasi untuk memenuhi permintaan untuk panel OLED dari Apple. Ada desas-desus yang kuat dalam industri bahwa Apple telah memutuskan untuk menggunakan layar OLED di iPhone 7 atau iPhone 8, dan bekerja sama dengan produsen display utama, termasuk Samsung Display, JDI, dan LG Display. Surat kabar Jepang Nikkei mengklaim Apple beralih ke OLED pada awal tahun depan. Samsung dan LG akan memasok panel OLED. Keduanya dikabarkan akan membuat display OLED untuk Apple Watch.

“Investasi akan dikucurkan dari 2015 hingga 2017 untuk lini produksi baru yang akan membuat display OLED ukuran medium dan kecil bagi perangkat elektronik konsumen seperti smartphone,” ungkap juru bicara Samsung Display. Para analis dan investor menyatakan, Samsung Electronics perlu mengandalkan penjualan komponen untuk mendorong pertumbuhan laba tahun ini saat penjualan bisnis smartphone melemah.