ArenaLTE.com – Samsung kembali merilis produk J Series yang tetap ramah budget dan ringan di kantong yakni Samsung Galaxy J2. Smartphone terbaru ini resmi diluncurkan di Bangalore, India akhir pekan lalu. Samsung Galaxy J2 mengalami peningkatan spesifikasi dari pendahulunya Galaxy J1.

Smartphone ini hadir dengan display 4,7 inci qHD Super AMOLED. Performanya di sektor display tak terlalu menonjol tapi patut dimaklumi mengingat seri ini masuk kategori produk dengan banderol harga terjangkau.
Soal dapur pacu, Samsung Galaxy J2mengandalkan chipset quad core berclockseed 1.3 GHz Exynos 3475. Didampingi dengan RAM 1B yang kini lebih banyak menjadi amunisi segmen entry level. Lagi-lagi tak jadi soal karena sesuai dengan target pasar Samsung Galaxy J2.

Untuk sektor fotografi, perusahaan menyusupkan kamera utama berkekuatan 5MP f/2.2 di bagian belakang bodi serta di panel depan ditanamkan kamera berkekuatan 2MP, f/2.4. Smartphone ini meengedepankan sistem operasi Android 5.1 Lollipop yang tentu menjadi nilai lebih buat penggunanya.

Baterainya mengandalkan kapasitas 2000 mAh termasuk standar untuk menyuplai kebutuhan energinya. Menariknya, Samsung Galaxy J2 merupakan smartpone dual SIM card yang sudah didukung fitur unik bernama Ultra Data Saving Mode. Merupakan pengembangan fasilitas R&D Samsung di India dan beberapa elemen penting dari OS dan UI secara spesifik disesuaikan dengan kebutuhan dan keperluan lokal.

Mengenai fitur Ultra Data Saving Mode, mampu menghemat pemakaian paket data, membebaskan 11% RAM dan memperpanjang waktu standby. Digarap divisi Samsung India dan mendapat pujian khusus dari Asim Warsi, Vice President, Marketing, IT & Mobile Samsung India. Soal harga, Samsung Galaxy J2 dipasarkan mulai 21 September 2015 dengan harga jual sekitar 125 dolar AS.