ArenaLTE.com – Twitter Indonesia hari ini meluncurkan tagar dan emoji resmi #Pilkada2015 sebagai dukungan terhadap Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang akan dilaksanakan 9 Desember mendatang. Setiap Tweet pengguna yang menggunakan tagar #Pilkada2015, secara otomatis akan dibubuhi Twitter emoji; menggambarkan kelingking yang sudah diberi tinta layaknya bukti bahwa mereka sudah memilih.

Berdasarkan siaran pers yang diterima ArenaLTE.com, disebutkan tagar dan emoji resmi ini diharapkan dapat membantu pengguna Indonesia dalam berinteraksi dan memperoleh informasi real-time seputar Pilkada dari para pendukung, pelaku kampanye, hingga kandidat se-Tanah Air.

“Twitter selalu menjadi salah satu platform komunikasi utama bagi masyarakat untuk berinteraksi secara langsung dalam percakapan publik mengenai beragam isu dan peristiwa penting yang sedang terjadi saat itu. Kami menyadari, bahwa percakapan mengenai #Pilkada2015 akan memuncak bulan ini. Kami berharap tagar dan emoji yang kami rilis hari ini mampu membawa kekuatan nasionalisme dan persatuan antara bangsa Indonesia; tidak hanya untuk menyuarakan opini mereka, tapi yang terpenting juga adalah untuk memilih pada Pilkada Serentak yang akan datang,” kata Teguh Wicaksono, Partnerships Manager, Twitter Indonesia.

Twitter Indonesia bermitra dengan organisasi sosial  Kawal Pilkada (@kawalpilkada) dan Radio Republik Indonesia (@RRI) untuk memberikan berbagai informasi terkini dan fakta menarik seputar kampanye #Pilkada2015 serta membawanya lebih dekat kepada pengguna.

Khairul Anshar, Penggagas Kawal Pilkada, mengatakan bahwa Pemilu langsung skala lokal, otonomi, dan transparasi informasi publik memungkinkan kita untuk berpartisipasi aktif memutuskan masa depan bangsa. “Ini merupakan kesempatan yang tidak boleh disia-siakan. Dan kami bangga bermitra dengan Twitter Indonesia yang memiliki visi yang sama dengan kami. Melalui kawalpilkada.id, kami mengajak masyarakat Indonesia untuk mengenal lebih lanjut kandidat-kandidat yang ada sebelum mereka menentukan pilihan, serta untuk terus terlibat secara aktif dalam percakapan dengan menggunakan tagar #Pilkada2015,” ujarnya.

Sementara itu Niken Widiastuti, Direktur Radio Republik Indonesia, mengatakan bahwa kolaborasi media sosial dan radio akan menghasilkan perangkat yang kuat untuk berinteraksi dengan masyarakat yang lebih luas lagi selama Pilkada 2015. “Bersama dengan Twitter Indonesia, kami ingin memberikan informasi yang akurat, netral, dan terpercaya sehingga masyarakat dapat terlibat langsung dalam demokrasi dengan terus aktif dalam percakapan #Pilkada2015. Hanya butuh waktu satu menit untuk memutuskan dalam menentukan masa depan bangsa 5 tahun ke depan,” kata Niken.

Perilisan tagar dan emoji resmi ini merupakan tahap awal dari dukungan Twitter Indonesia terhadap kegiatan Pilkada Serentak. Perusahaan berharap inisiatif ini bisa memancing tanggapan positif masyarakat Indonesia terhadap pesta demokrasi, untuk ikut bertindak dan berperan aktif menyukseskannya.

Ilustrasi: koranmemo.com