ArenaLTE.com – Hari ini Microsoft mengumumkan secara resmi peluncuran aplikasi Microsoft Translator iOS yang memungkinkan kita untuk melakukan translate atau menterjemahkan teks dan gambar yang berbeda bahasa menjadi bahasa lain yang kita inginkan bahkan secara offline atau tanpa koneksi internet sekalipun menggunakan perangkat dengan sistem operasi iOS.

Aplikasi Microsoft Translator iOS ini sebelumnya sudah tersedia untuk Android dan bersaing ketat dengan aplikasi Google Translate untuk Android yang juga bisa berfungsi secara offline juga. Namun hadirnya aplikasi Microsoft traslator iOS ini memberikan pukulan yang cukup telak bagi Google Translate karena hanya menyediakan fitur offline modenya hanya untuk perangkat Android saja.

Melalui blog resminya, tim Microsoft Translator menjelaskan bahw hingga saat ini, pengguna iPhone selalu membutuhkan koneksi internet setiap kali mereka ingin melakukan translate (alih bahasa) melalui smartphone mereka. Kini, dengan mendownload aplikasi Microsoft Translator dan beberapa file penting lainnya untuk keperluan penggunaan secara offline, pengguna iOS bisa mendapatkan kemampuan Microsoft Translator yang mendekati kemampuan online. Hal ini berati bahwa tidak perlu lagi biaya mahal untuk akses internet ketia Roaming di negara lain.

microsoft translator iOSSerupa dengan layanan Microsoft lainnya seperti Skype Translator kemampuan teknologi penerjemah bahasa ini menggunakan sebuah AI (Artificial Intelligence) yang disebut sebagai deep learning. Dengan pendekatan menggunakan kolaborasi data yang banyak seperti text snippets dan prediksi kalimat.

Deep Learning atau yang juga dikenal sebagai Deep Neural Network technology merupakan sebauh teknlogi machine learning yang sudah banyak digunakan bertahun-tahun pada layanan Microsoft Translator online cloud service yang menawarkan kemampuan translate bahasa di aplikasi Microsoft Translator apps dan Bing.com/translator. Teknologi ini juga diterapkan untuk berberapa aplikasi lain seperti speech translation API dan Skype Translator.

microsoft translator iOSNamun ketika menggunakan Microsoft Translator IOS dalam versi offline tidak bisa menggunakan fitur automatic speech translation. Aplikasi ini juga hadri dengan dukungan Safari extension yang memungkinkan kita menterjemahkan tampilan website ketika melakukan browsing dengan Safari browser.

Hingga saat ini, Microsoft translator ini sudah mendukung lebih dari 50 bahasa yang berbeda dan mampu di gunakan untuk berbagai perangkat seperti Android, Android Wear, Apple Watch, iOS, Windows, dan Windows Phone. Berikut ini link untuk mendownload aplikasi Microsoft Translator iOS.