Waspada! Inilah Risiko Bahaya Game Pokemon Go

ArenaLTE.com - Popularitas game Pokemon Go semakin menjadi-jadi, game mobile ini sudah menjadi sensasi global dengan jutaan penggunanya hanya dalam waktu beberapa minggu peluncurannya. Namun seiring dengan kesuksesan sebuah game tentu saja mengundang perhatian orang-orang jahat seperti scammer dan penyerang untuk mengambil keuntungan pribadi yang memunculkan berbagai Risiko Bahaya Game Pokemon Go.

Yang pertama harus kita ketahui yaitu game ini bukan merupakan game smartphone biasa. Game ini menggunakan teknologi yang dikenal dengan sebutan augmented reality, yaitu suatu perpaduan kehidupan nyata dan teknologi. Terdapat banyak lapisan pada game ini, menggunakan lokasi GPS real time, teknologi geocaching dan dunia di sekitar kita.

Menurut sebuah penelitian terbaru  dari Symantec para penjahat cyber telah menemukan sejumlah cara untuk mengelabui dan menipu pemain Pokemon Go dalam petualangannya menjadi master Pokemon. Mulai dari penipuan PokeCoin gratis dan versi palsu dari game mobile, sampai dengan pemain curang Pokemon Go dan masalah izin serta privasi. Berikut ini beberapa risiko yang harus disadari oleh pemain game Pokemon Go.

resiko bahaya game pokemon GoRisiko Bahaya Game Pokemon Go Terinfeksi Virus Trojan


Pokemon Go belum secara resmi hadir di sebagian besar wilayah bahkan di Indonesia; pada minggu pertama peluncuran, aplikasi ini hanya tersedia di Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru dan UK. Keterbatasan wilayah peluncuran tersebut memaksa para pengguna perangkat Android atau iPhone yang telah di-jailbreak untuk mengunduh aplikasi tersebut dari sumber-sumber tidak resmi, termasuk di Indonesia.

Hanya beberapa hari saja setelah aplikasi Pokémon Go yang resmi masuk ke pasaran, para peneliti dari Proofpoint menemukan versi aplikasi yang telah terinfeksi virus Trojan. Hal ini meningkatkan Risiko Bahaya Game Pokemon Go, Menurut blog Proofpoint, pencipta-pencipta malware ini menyamarkan Trojan yang diakses dari jarak jauh (Android.Sandorat) sebagai Pokemon Go. Ancaman ini didistribusikan ke berbagai situs unduhan dan forum game.

Jika versi berbahaya ini terinstal, versi ini tetap menampilkan layar awal Pokemon Go, dan membuat pengguna menganggap bahwa tidak ada yang salah. Namun, ancaman tersebut memberi penyerang akses penuh ke telepon pengguna. Maka, hal pertama yang perlu dilakukan saat mengunduh aplikasi tersebut adalah pastikan hanya mengunduh aplikasi dari sumber-sumber terpercaya, seperti Google Play Store dan Apple App Store.

resiko bahaya game pokemon GoPenipuan Online Dari Pokemon Go


Dalam semua game populer, para pengguna pasti akan menjelajahi internet untuk mencari cheats dan hacks online. Para penipu sudah menguasai hal tersebut, karena situs-situs palsu sudah mulai bermunculan menawarkan Pokecoins dan powerups lain dari game tersebut sebagai imbalan karena telah mengisi survei atau telah mengunjungi situs yang dipertanyakan.

Survei tersebut mungkin terlihat tidak berbahaya, namun survei itu dapat mengumpulkan informasi identitas pribadi tentang kita, yang dapat digunakan dalam pencurian identitas. Sampai saat ini, tidak ada cara legal atau “hack” untuk memperoleh Pokécoins, kecuali membelinya di aplikasi.

resiko bahaya game pokemon GoRisiko Izin Dan Privasi


Resiko Bahaya Game Pokemon Go lain yang sering terjadi yaitu mengenai pemberian ijin akses privasi dari aplikasi terhadap berbagai data peting dan akses smartphone kita. Penting bagi kita untuk mengevaluasi hal-hal apa yang boleh diakses oleh suatu aplikasi saat kita menginstallnya. Terkadang, pemberian izin bagi suatu aplikasi terhadap area-area tertentu smartphone dapat membuat membuat informasi pribadi kita tersebar. Jika ada izinnya yang tidak masuk akal bagi kita, seperti misalnya sebuah aplikasi meminta izin akses terhadap telepon dan fitur SMS Anda, cukup tolak dan jangan berikan ijin aplikasi untuk mengaksesnya.

Saat ini, beberapa pengguna iOS dan Android tidak dimintai izin oleh suatu aplikasi untuk mengakses apa pun. Jika kita masuk melalui akun Google, kita mungkin mengizinkan game tersebut mendapatkan akses penuh terhadap akun Google Anda. Artinya, aplikasi tersebut memiliki akses ke kontak, email, dokumen Google Drive Anda dan banyak lagi.

Niantic merilis sebuah pernyataan yang mengatakan bahwa mereka menyadari masalah ini dan tengah berupaya untuk mengatasinya. Sambil  menunggu perbaikan tersebut dirilis, Anda dapat mencabut izin Pokémon Go dari akun Google Anda pada halaman ini.

resiko bahaya game pokemon GoTetap Aman di Dunia Nyata


Salah satu hal terbaik dari Pokemon Go adalah bahwa game ini mendorong orang untuk pergi ke luar, mendapatkan udara segar dan berolahraga. Namun, terdapat beberapa laporan tentang orang-orang yang terluka karena tidak memperhatikan ke mana arah mereka berjalan dan para penjahat mengarahkan para pemain ke beberapa lokasi yang memiliki Pokemon dan kemudian merampok mereka. Aplikasi ini menyarankan pengguna untuk memperhatikan daerah sekitar mereka saat bermain. Pengguna juga harus menghindari pergi sendirian ke daerah-daerah terpencil atau gelap saat bermain game ini.

Pokemon Company menyatakan “Kami menghimbau semua orang yang bermain Pokemon GO untuk memperhatikan lingkungan sekitar mereka dan bermain dengan teman-teman saat pergi ke tempat-tempat baru atau asing. Harap pastikan untuk tetap aman dan waspada setiap saat.”

Leave a Comment