ArenaLTE.com – Xiaomi, vendor smartphone asal Tiongkok memang cukup gigih dalam menggelontorkan inovasi yang terkonvergensi dengan smartphone. Setelah sebelumnya mendaftarkan paten drone/UAV (Unmanned Aerial Vehicle) yang bisa dikendalikan lewat smartphone, kini kabar terbaru Xiaomi mulai merambah perangkat kuliner berupa rice cooker pintar Xiaomi.

Penanak nasi yang bernama MIJIA Induction Heating Pressure Rice Cooker ini menjadi produk pertama dari divisi Mi Ecosystem yaitu sebauh divisi khusus untuk menjual barang elektronik yang terkoneksi internet. rice cooker pintar Xiaomi tersebut bisa terkoneksi dengan smartphone Xiaomi melalui aplikasi Mi Home.

Aplikasi tersebut memungkinkan pengguna untuk mengatur dan mengubah kelembutan nasi sesuai keinginan termasuk mengatur tingkat kematangan nasi sekaligus dapat mengidentifikasi jenis nasi, merek dan juga darimana asalnya.

Rice Cooker pintar Xiaomi (2)“Pengguna bisa memindai bungkus beras yang akan mereka gunakan untuk mengetahui jenis, merek, dan asal beras, kemudian alat penanak nasi ini akan otomatis mengatur tingkat panas agar sesuai dengan beras tersebut. Saat ini terdapat sekitar 200 merek beras yang telah didukung, dan akan terus bertambah ke depannya,” ungkap Xiaomi, dikutip dari Ubergizmo.

Selain bisa digunakan untuk menanak nasi, rice cooker pintar Xiaomi ini ternyata bisa juga digunakan untuk membuat kue. Kemampuan ini merupakan inspirasi dari alat-alat penanak nasi canggih buatan Jepang. Kombinasi kontrol tekanan, pemanas induksi, dan lapisan besi akan menghasilkan rasa nasi dan kue yang unik.

Saat ini penanak nasi canggih ini baru tersedia di Cina dan belum ada informasi kapan dipasarkan secara global. Sedangkan harganya bisa dibilang cukup mahal untuk sebuah rice cooker biasa yaitu sekitar USD 150 atau di kisaran Rp 2 juta. Tapi di China, banderol itu lebih murah dibandingkan rice cooker sejenis dari vendor Jepang.

Seperti produk-produk lain, Xiaomi tidak memproduksi langsung alat penanak nasi pintar ini. Melainkan melalui salah satu portofolio Xiaomi, yaitu Chun Min. Sehingga tidak heran apabila Xiaomi tidak menggunakan awalan “Mi” untuk menamai alat ini.

Xiaomi telah menggandeng Midea Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pengembangan smart homes, untuk mengerjakan proyek ini. Selain rice cooker, Xiaomi juga telah membikin jenis-jenis piranti smart home lain seperti air purifier, monitor tekanan darah, dan segway pintar.

Rice Cooker pintar Xiaomi (3)