Review ViVo V5: Senjata Komplit Penggemar Selfie

Plus

  • Kamera Selfie 20MP
  • Dual SIM 4G LTE
  • RAM 4 GB
  • Sensor Fingerprint cepat

Minus

  • Layar tidak full HD
  • Performa Hardware standar
  • RAM 4 GB
  • Tanpa fast charging

Score: 7.8

DESAIN
8
LAYAR
8
KAMERA
8
MULTIMEDIA
8
PERFORMA
8
VALUE FOR MONEY
7
ArenaLTE.com - Budaya selfie sudah menjadi kebiasaan para pengguna smartphone sekarang ini. Tentu saja bukan hal yang aneh lagi jika kegiatan selfie dengan smartphone sering dilakukan orang dalam berbagai momen. Coba saja cek akun sosial media kita, banyak sekali foto hasil selfie dari teman yang memenuhi feed dan timeline kita. Atau jangan-jangan kalian sendiri termasuk orang yang hobi selfie?  Kini hadir senjata ampuh terbaru untuk memenuh hasrat selfie kalian yaitu smartphone VIVO V5 yang dibuat khusus untuk para selfie mania.

Vivo, merek smartphone Global menghadirkan alternatif lain smartphone selfie melalui seri VIVO V5. Tidak tanggung-tanggung, VIVO V5 bahkan menjadismartphone pertama di dunia dengan kamera depan atau kamera selfie berkekuatan 20 Megapiksel. Pihak VIVO sendiri mengungkapkan jika kehadiran VIVO V5 ini  akan menciptakan standar baru di pasar smartphone Indonesia dan mampu memberikan pengalaman baru dalam berfoto Selfie. Seperti apa kemampuannya? Apakah hanya untuk selfie saja? Mari kita review VIVO V5 ini.

VIVO V5

Desain

Penampilan VIVO V5 ini sangat menarik dan elegan, dengan balutan material logam unibody. Selain kesan kokoh dan solid, ternyata bodinya cukup ramping dengan ketebalan hanya 7,55 mm saja. Nyaman dalam genggaman tangan, itulah yang terasa ketika membawa smartphone selfie yang berukuran 153.8 x 75.5 x 7.55 mm dan bobot 154 gram ini.

Dari keseluruhan desain agak sulit membedakan antara VIVO V5 dengan OPPO F1s karena sangat mirip dan dari segi komposisi bisa dibilang mengikuti iPhone dengan lekukan di bagian sisi, tombol home yang juga berfungsi sebagai finger print reader di bagian tengah arena bawah layar.

Posisi kamera dibagian belakang juga mirip di sudut kiri atas lengkap dengan lampu flash, termasuk dua garis silver sebagai pembatas area lekukan sisi atas dan bawah senada dengan guratan logo VIVO yang terukir cukup dalam di area belakang. Area belakang juga dirancang dengan warna bernuansa doff yang membuatnya tidak mudah kotor  karena jejak sidik jari pengguna.

VIVO V5

Lubang jack audio 3,5 mm, load speaker dan port micro USB berjejer rapi di sisi bagian bawah, sedangkan tombol volume dan tombol power melekat di sisi bagian kanan. Layaknya model smartphoen terbaru, VIVO V5 yang mengusung konsep desain unibodi ini meletakkan area slot kartu SIM di sisi kiri bodi.

Gunakan sebuah jarum pin untuk membuka tray sim card yang berteknologi hybrid. Artinya, disediakan slot untuk SIM 1 (berukuran Micro SIM) dan SIM2 (berukuran nano SIM) jika ingin menggunakan dua kartu SIM. Dan Slot untuk SIM 2 ini berfungsi ganda, selain untuk nano SIM card juga bisa berfungsi sebagai memori eksternal MicroSD. Dipasaran kita bisa mendapatkan VIVO V5 ini dengan tiga pilihan warna yaitu Crown Gold, Space Grey dan Rose Gold yang mencerminkan kepribadian masing-masing penggunanya.

Layar &  Antar Muka

Ukuran bodi besar VIVO V5 membuatnya mampu membawa layar berukuran 5.5 inci, dengan resolusi High Definition (HD) 1280 x 720 piksel. Meski begitu, dengan kerapatan piksel sekitar 267 ppi, layar Vivo V5 tetap mampu menampilkan ketajaman dan kejernihan gambar. Tetap nyaman dilihat dari berbagai sudut pandang mata kita.

VIVO V5

Selain dilindungi lapisan pengaman Corning Gorilla Glass, desain layar cembung 2.5D semakin membuatnya terlihat dinamis dan kekinian dan yang menarik yaitu fitur khusus pada layar berupa “Eye Protection Mode”. Fitur ini jika diaktifkan akan menyaring cahaya biru pada layar jadi membuat tampilannya agak kekuningan, hal ini dapat bermanfaat untuk melindungi penglihatan dan mencegah kelelahan pada mata ketika menatap layar smartphone  dalam jangka waktu yang cukup lama.

Layar ini menampilkan sistem operasi khusus buatan VIVO yang bernama FunTouch OS versi terbaru 2.7.8 yang berjalan diatas sistem operasi Android 6.0 Marshmallow. FunTouch OS ini memberikan pengalaman menggunakan smartphone yang agak unik dengan Android biasa, seperti pilihan themes yang menarik menggunakan iTheme. Salah satu yang menarik lainnya yaitu menu pengaturan bisa kita peroleh dengan melakukan swipe layar dari bawah keatas (umumnya Android standar, swipe dari atas kebawah).

Kamera Selfie VIVO V5

Mengusung tagline “camera and music”, smartphone selfie Vivo V5 ini tentu saja mengandalkan kamera selfie 20 Megapiksel dan kamera utama yang melekat dibelakang dengan resolusi 13 Megapiksel yang akan merekam ekspresi dan momen penting selfie.

Untuk meningkatkan kemampuannya, kamera selfie Vivo V5 ini dilengkapi sensor kamera unggulan Sony IMX 376 (1/2.78-inch, f/2.0) dan fitur ‘softlight’ yang akan membuat foto selfie lebih maksimal. Fitur softlight ini menghasilkan cahaya terang namun tidak flat seperti lampu flash LED. Jadi hasil selfie tetap terlihat natural bahkan ketika kondisi minim cahaya.

VIVO V5

Selain bukaan lensa kamera f/20, Vivo V5 juga melengkapinya dengan fitur Face Beauty Mode 6.0 yaitu sotware khusus buatan Vivo untuk menghaluskan warna kulit ketika berfoto selfie. Jangan coba-coba gunakan fitur Face Beauty dengan kekuatan 100%, wajah anda akan terlihat mulus seperti habis di photoshop (justru tidak terlihat natural), saran saya jangan lebih dari 60% (ini sudah cukup bagus hasilnya).

Fitur lain untuk selfie yang menarik yaitu make over foto sebelum memotret, kita bisa membuat tampilan diri kita lebih indah dan bahkan lebih kurus ketika melakukan selfie dengan VIVO V5 ini. Untuk mode pemotretannya juga unik, tanpa perlu menekan tombol shutter kamera, kita cukup menunjukkan telapak tangan untuk menyuruh kamera untuk memotret atau mengucapkan kata cheese.

VIVO V5

Kamera belakangnya meskipun berkekuatan 13 megapiksel juga tak kalah hebat. Berbekal fitur PDAF (Phase Detection Autofocus), lampu flash LED serta teknologi image stabilization, night mode dan manual focus, hasil jepretannya juga tak kalah istimewa. Fitur standar kamera juga tersedia seperti HDR, Panorama dan Night termasuk pilihan beragam filter dan watermark untuk kedua kameranya.

Yang menarik saya yaitu kemampuan kamera Professional, dimana kita bisa mengatur kombinasi ISO, EV, WB dan stye kamera secara manual. Ditambah lagi fitur kamera PPT yang sangat berguna ketika kita memotret tampilan presentasi, fitur ini akan secara otomatis mendeteksi dan melakukan cropping  tampilan foto.

VIVO V5

Fitur kamera lain yang membuat takjub saya yaitu kemampuan membuat Time Lapse video dengan kamera VIVO V5, baik itu untuk Fast video maupun Slow video, secara keseluruhan kamera VIVO V5 ini benar-benar bisa diandalkan.

Hasil Foto

 

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

 

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on

 
 
A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on
 

A photo posted by Arena LTE (@arenalte) on


Fitur & Multimedia

Tidak hanya sekedar mengandalkan kemampuan untuk selfie saja, smartphone selfie Vivo V5 ini juga memiliki fasilitas dan fitur smartphone tebaru. Terobosan teknologi lainnya smartphone selfie Vivo V5 adalah pemindai sidik jari yang canggih dan dapat membuka kunci layar hanya dalam 0,2 detik saja.

Panel sensor sidik jari Vivo V5 berupa lingkaran oval dibawah layar yang diapit tombol sentuh ‘back’ dan ‘recent apps’. Namun sayangnya, fungsi dari fingerprint di Vivo V5 tidak seberagam smartphone lainnya karena sensor sidik jari hanya bisa digunakan untuk unlock screen dan pengaman (privacy)/software lock.

VIVO V5

Fitur lain yaitu ‘Smart screen-split’ memungkinkan  penggunanya mengerjakan berbagai tugas sekalipun tanpap perlu repot berpindah-pindah antar aplikasi ketika ada pesan masuk. Pengguna dapat mengobrol (chatting) dan menonton video sekaligus di satu layar smartphone.

Untuk kebutuhan hiburan, Vivo V5 menyertakan radio FM, fitur musik dan video player secara default, yang melengkapi pemutar musik bawaan Google. Guna mendukung kemampuan audionya, smartphone selfie Vivo V5 ini juga menjadi smartphone pertama yang menggunakan teknologi Hi-Fi professional ke dalamnya. Chip audio AK4376 Hi-Fi ditanamkan untuk menghasilkan semburan suara berkualitas.

VIVO V5

Konektifitas

Jika dilihat pada stiker di kemasan dusnya, smartphone VIVO V5 yang saya gunakan ini sudah dilabeli dan diproduksi diIndonesia. Karena diproduksi di Indonesia, sudah tentu VIVO V5 ini mendukung semua jaringan operator yang ada di Tanah Air termasuk 4G LTE. Vivo V5 memiliki dual-SIM dual standby dengan dukungan terhadap jaringan LTE baik itu FDD-LTE Band 1(2100), Band 3(1800) dan Band 5(850) maupun TDD-LTE band 40 (2300).

Ketika kami mencoba semua operator dapat beroperasi dengan baik seperti Telkomsel, XL, Indosat dan Tri, termasuk Smartfren dan Bolt!. Sarana koneksi di Vivo V5 sudah bisa mewakili hampir semua kebutuhan transfer file dan data. Kita bisa menggunakan Bluetooth, WiFi dan port USB yang mendukung fungsi On The Go (OTG).

VIVO V5

Performa VIVO V5

Untuk mendukung berbagai fitur dan fasilitas komplit yang dimilikinya, VIVO V5 ditenagai oleh prosesor MT6755, Octa-core 64-bit dengan kecepatan 1,5GHz (Cortex-A53). Yang menarik yaitu dorongan memori RAM 4GB yang terbilang cukup besar dikelasnya, sangat cocok untuk diajak ngebut meski mengeksekusi beragam aplikasi sekaligus (multitasking).

Kolaborasi sistem operasi android 6.0 Marshmallow dengan Funtouch OS 2.6 sepertinya cocok dan menghasilkan performas dan respon yang cukup cepat ketika menjalankan berbagai fungsi didalamnya. Termasuk lancar menjalankan berbagai game berkualitas tinggi dengan tampilan grafis yang detail. Untuk memori penyimpanan internal disediakan kapasitas 32 GB yang bisa diekspansi menggunakan slot memori ekternal hingga 128 GB.

VIVO V5

Pengujian menggunakan beberapa alikasi benchmark juga menunjukkan hasil yang cukup lumayan seperti AnTuTu benchmark yang menunjukkan skor maksimal di angka 41175. Dengan Geekbench, Vivo V5 mengantongi nilai 578 single-core dan 2420 untuk multi-core. Sementara dengan Quadrant Standard, ponsel ini merangkum nilai maksimal 22306.

Sebagai sumber daya, Vivo V5 ditenagai baterai lithium 3000 mAh. Kapasitas ini terbilang cukup besar dan mampu bertahan lama jika dibandingkan dengan smartphone lain dengan kapasitas baterai yang sama. Memang Vivo V5 disebutkan tidak mendukung kemampuan pengisian baterai cepat (fast charging), tetapi durasi waktu pengechasannya terbilang lebih cepat smartphone Vivo generasi sebelumnya.

VIVO V5

Value For Money

Dibanderol dengan harga IDR 3.499.000, VIVO V5 ini menjadi senjata komplit bagi pecinta fotografi dan selfie. Fasilitas andalan kamera depan 20 MP, yang merupakan resolusi terbesar saat ini, didukung dapur pacu yang cepat, performa audio Hi-Fi, Dukungan jaringan 4G LTE semua operator dan balutan desain premium. Rasanya Vivo V5 ini layak menjadi pilihan cerdas di kelasnya terutama bagi kalangan urban muda yang energik, trendi dan penyuka selfie.

Leave a Comment