ArenaLTE.com – Kehadiran teknologi generasi ke-empat 4G LTE yang digadangkan akan menjadi teknologi andalan masa depan. Rupanya menarik banyak pelaku industri telekomunikasi untuk mencoba beragam keberuntungan di ceruk pasar tersebut. Salah satunya adalah Reliance Jio, selain menjadi operator telekomunikasi layanan 4G, perusahaan mengungkapkan akan mencoba keberuntungan tersebut dengan memproduksi smartphone 4G sendiri dengan label Lyf.

Pihak perusahaan mengungkapkan bahwa smartphone basis 4G LTE yang menggunakan label Lyf, akan diproduksi sendiri oleh Reliance Jio dengan dukungan jaringan seluler miliknya. Hal tersebut juga diungkapkan sejalan dengan kehadiran produk layanan 4G LTE, pada 2016 – 2017 yang akan mulai diluncurkan resmi pada 1 April 2016.

Dalam laporan media lokal menyebutkan bahwa Reliance Jio saat ini memang dalam tahap persiapan, operator diungkapkan sedang melakukan uji jaringan dan mengoptimalkan infrastruktur jaringan 4G LTE untuk kehadirannya yang akan dilakukan ujicoba komersial pada Desember 2015.
Baca: Google Siapkan WiFi Hotspot di 400 Stasiun Kereta Api India

“Perusahaan mengharapkan untuk meningkatkan program beta-nya selama beberapa Minggu ke depan, serta mengoptimalkan jaringan sebelum peluncuran komersial beroperasi,” jelas juru bicara Reliance Indutries yang dikutip dari Total Telecom, Senin (19/10/2015).

Menurut pihak perusahaan, hasil awal telah positif dan tahun keuangan 2016-2017 diproyeksikan akan menjadi tahun pertama operasi komersial operator. Perusahaan juga mengungkapkan akan meluncurkan dua layanan untuk fixed broadband dan mobile broadband. Klaim Reliance menyebutkan bahwa produknya tidak hanya hadir dalam tawaran suara dan data saja, juga akan membawa layanan digital pendidikan, kesehatan, jasa keuangan, dan sektor hiburan dan lainnya.

Reliance Jio disebutkan akan meluncurkan layanan menggunakan pita frekuensi yang dimiliki di band 800 MHz, 1.800 MHz, dan 2.300MHz yang telah diajukannya ke Departemen Telekomunikasi (Dephub) India beberapa waktu lalu. Perusahaan juga diungkapkan akan memberikan tawaran layanan mobile untuk pengguna akhir, serta aplikasi pesan pada bulan April.

Pihak perusahaan meyakinkan, kehadiran produk layanan yang dimiliki dalam spektrumnya akan sejalan dengan bisnis baru yang akan menghadirkan produk smartphone basis 4G LTE. Perangkat yang akan menggunakan label Lyf ini, diungkapkan akan memiliki keunggulan bisa digunakan untuk panggilan seperti Voice-over Internet LTE (VoLTE), Voice-over WiFI (VoWiFi), dan suara HD dan Video. Reliance Jio juga berharap bahwa Lyf akan secepatnya tersedia di India dan gerai ritel pasar lokal, maupun ritel sendiri.

Operator yang memiliki merek smartphone sendiri sebenarnya bukan hal baru. Karena di Indonesia saja, Smartfren telah sejak bertahun-tahun merilis smartphone dengan merek sendiri yaitu Andromax. Beberapa produk Andromax telah berjalan di jaringan 4G LTE.