ArenaLTE.com – Rekor baru untuk kecepatan akses mobile broadband 4G LTE (Long Term Evolution) telah terpecahkan, sang pemecah rekor terbaru ini adalah operator seluler dari Finlandia, Elisa, yang mampu menggelontorkan koneksi kecepatan 4G LTE hingga 1,9 Gbps dalam sebuah uji coba. Dalam catatan industri 4G LTE, ini menjadi kecepatan 4G LTE tertinggi yang pernah didapat.

Dikutip dari BBC, dari hsail layanan uji coba yang disebut sebagai hyper fast mobile internet service ini dapat dicapai kecepatan download film Blu Ray hanya dalam waktu 44 detik. Meski rekor telah terpecahkan, sebaliknya para analis berpendapat dalam status komersial (real network) akan sulit didapat kecepatan 4G LTE setinggi itu, pasalnya kapasitas yang dihantarkan dari jaringan harus dibagi ke beberapa pelanggan lain.

Yang unik dari uji coba ini, Elisa justru menggunakan teknologi jaringan dari vendor asal Tiongkok, yaitu Huawei. Teknologi yang digunakan memang di setting mampu tembus sampai 2 Gbps threshold. Hal yang agak janggal, biasanya operator di Filandia menggunakan jaringan asal Nokia.

Sebagai perbandingan, jaringan 4G LTE tercepat yang sudah komersial adalah sekitar 300 Mbps. Veli-Matti Mattila, Corporation’s Chief Executive Elisa menyebut, bahwa dalam waktu dekat berencana menyajikan layanan koneksi premium LTE 1 Gbps.

“Kemudian dalam roadmap dua sampai tiga tahun kemudian akan dipekenalkan layanan mobile virtual reality dan augmented reality, kualitas video 4K akan jadi tujuan kami, seiring kecepatan yang tinggi maka penerapan aplikasi apa pun akan sangat mungkin,” ujar Mattila.

Ernest Doku, seorang ahli telekomunikasi di uSwitch, menunjukkan bahwa hanya dibutuhkan 5 Mbps untuk streaming konten HD pada Netflix, dan kecepatan tertinggi Elisa adalah 400 kali lebih cepat dari itu. Sementara Mattila menambahkan bahwa rekor baru Elisa diatas menunjukkan bahwa jaringan 4G masih bisa “berkembang” dan memberikan kecepatan download yang lebih besar bagi pelanggan seluler.

Sebelumnya, ujicoba kecepatan 4G LTE menggunakan koneksi internet dalam jaringan komersialisasi 4G LTE-A (Long Term Evolution Advanced) juga pernah dilakukan operator Turkcell dengan Huawei yang mengklaim telah menghasilkan kecepatan 4G LTE mobile broadband hingga 1,2 Gbps pada sebuah demo yang mereka lakukan belum lama ini.

Dalam demo yang dilakukan di Istanbul, Turkcell menggunakan frekuensi 79,8 MHz yang terdiri dari 29,8 MHz (20 + 9.8) di pita 1800 MHz, 30 MHz (20 + 10) pada pita 2.100 MHz, dan 20 MHz di pita 2600 MHz. Sebagai informasi, Turkcell telah mengakuisisi spektrum 1800, 2100 dan 2600 Mhz. Sebelumnya pada Desember 2015, operator asal Norwegia, TeliaSonera juga telah meluncurkan LTE-A dengan kecepatan koneksi internet hingga 1 Gbps.