ArenaLTE.com – Tahun lalu, Rakuten Belanja Online menyelenggarakan program “Rakuten Dream Merchant” pertama di dunia untuk memberdayakan UMKM Indonesia mencapai kesuksesan dalam bisnis online. Program yang berakhir di bulan Desember 2015 ini, melihat tiga Usaha Mikro Kecil dan Menengah bersaing ketat dan memperoleh lebih dari 800 suara secara nasional dan menobatkan Natasha Caesar Devona untuk menjadi pemenang.

Program yang dimulai bulan September ini diikuti lebih dari 1000 bisnis online yang bergabung dengan Rakuten Belanja Online, memiliki tujuan untuk menyiapkan para pedagang lokal dengan keterampilan dan fasilitas yang diperlukan untuk bersaing dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Negara-negara di sekitar kawasan ASEAN telah membuka pintu untuk MEA di 2016, tekanan  semakin terasa bagi para UMKM Indonesia untuk tetap kompetitif di  pasar yang terus tumbuh ini. Indonesia memiliki lebih dari 57 juta UMKM di 2015, akan tetapi hanya 1% dari UMKM lokal yang menggunakan e-commerce untuk mengembangkan bisnis mereka.

Rakuten Belanja Online merupakan perusahaan layanan internet yang menyediakan berbagai layanan-layanan yang fokus pada konsumer dan bisnis termasuk e-commerce, e-reading, perjalanan, perbankan, keamanan, kartu kredit, e-money, portal dan media, pemasaran online dan olah raga profesional. Didirikan tahun 1997, Rakuten memiliki kantor pusat di Tokyo dengan lebih dari 10.000 karyawan dan staf mitra di dunia dan beroperasi di Asia, Eropa Barat dan Amerika.

Greta Christina, E-commerce Consultant Manager of Rakuten Belanja Online mengungkapkan bahwa program Rakuten Dream Merchant lebih dari sekedar kompetisi; ini merupakan program pemberdayaan pedagang lokal, untuk semua UMKM di Indonesia dan usaha mikro, dimana kami menyediakan pelatihan, dukungan dan layanan konsultasi untuk mereka.

Natasha Caesar Devona pemilik BakeInc yang menjadi pemenang Rakuten Dream Merchant mengungkapkan bahwa ikut serta dalam kompetisi seperti ini sangat menyenangkan dan saya belajar banyak tentang bagaimana membuat e-commerce berguna dan menyenangkan. Seperti Rakuten, saya percaya bahwa UMKM di Indonesia perlu untuk memanfaatkan e-commerce agar dapat bersaing dan memanfaatkan pasar yang berkembang ini.

BakeInc adalah usaha yang mengkhususkan diri dalam menjual kue buatan rumahan, dikemas dalam toples dengan layanan pengiriman satu hari. Mereka juga satu-satunya pedagang yang berjanji untuk memberikan sebagian keuntungannya dengan  tujuan sosial, melalui kampanye mereka “1 Toples = Donasi Rp.1000”.