ArenaLTE.com Qualcomm, manufaktur chip dan prosesor asal Amerika Serikat hingga kini masih raja, khususnya untuk segmen smartphone. Meski begitu, basis produksi Qualcomm yang terbesar justri tidak ada di daratan AS, melainkan ada di kawasan Tiongkok. Karena basis produksi dan pasar utama manufatur/OEM (Original Equipment Manufacture) smartphone juga berada di Tiongkok, maka Qualcomm meresmikan berdirinya fasilitas uji semikonduktor yang berlokasi di kawasan zona bebas perdagangan Waigaoqiao di kota Shanghai.

Proyek pembangunan fasilitas uji semikonduktor ini resminya berada di bawah Qualcomm Communication Technologies. Berdasarkan keterangan resmi dari pihak Qualcomm dalam siaran pers di situs Qualcomm.com (12/9/2016), fasilitas ini hasil kerja sama dengan Amkor Technologies, salah satu pemain lama di industri komponen semikonduktor dan perakitan.

Jika Anda belum pernah mendengarnya, Amkor Technologies adalah pabrikan semikonduktor yang sudah berdiri sejak 1968. Tidak hanya chip untuk produk lepas ke konsumen, mereka juga merakit dan menjalin kerja sama untuk pengembangan komponen yang berhubungan dengan industri berat, seperti kabel tembaga.qualcomm shanghai

Menurut Qualcomm, langkah membangun fasilitas uji semikonduktor ini sebagai salah satu bukti keseriusan mereka dalam meningkatkan kemampuan para ahli industri terkait di Tiongkok. Qualcomm yang selama ini dikenal konsumen sebagai pembuat prosesor smartphone, sebenarnya juga menciptakan chip untuk mendukung tren internet of things. Chip tersebut lebih menekankan dukungan konektivitas jaringan, termasuk jaringan 4G LTE, yang nantinya terpasang pada perangkat selain smartphone.

Fasilitas uji coba dan pengembangan di Shanghai ini akan beroperasi mulai bulan depan, 18 Oktober. Sampai saat ini, Qualcomm telah menghadirkan proses andalannya yakni prosesor mobile Qualcomm Snapdragon 821 yang sudah tertanam pada smartphone Asus ZenFone 3 Deluxe