ArenaLTE.com – Qualcomm Incorporated bersama dengan anak perusahaannya, Qualcomm Technologies, Inc., mengumumkan platform percobaan dan prototipe sistem 5G New Radio (NR) milik Qualcomm Technologies.

Sistem prototipe 5G NR ini beroperasi pada spektrum sub-6 GHz dan digunakan untuk menampilkan inovasi desain 5G sebagai usaha perusahaan untuk mencapai kecepatan data multi-gigabit per detik yang rendah latensi.

Memanfaatkan band spektrum di bawah 6 GHz adalah bagian penting dalam melakukan penyebaran yang fleksibel dengan cakupan jaringan di mana-mana dan dapat digunakan oleh berbagai perangkat.

Desain yang diimplementasikan pada prototipe sistem digunakan untuk mendorong standarisasi 3GPP untuk air interface 5G NR berbasis OFDM yang baru. Prototipe sistem akan melacak kemajuan 3GPP untuk membantu mencapai percobaan 5G NR yang tepat waktu dengan operator seluler, vendor

infrastruktur, dan pelaku industri lainnya, serta memastikan peluncuran komersil jaringan 5G NR di masa depan. Prototipe baru ini menambah jajaran prototipe sistem 5G mmWave yang dimiliki Qualcomm Technologies saat ini, beroperasi pada spektrum 28 GHz dan mampu memperkuat broadband seluler di lingkungan non-line-of-sight, memanfaatkan teknik beamforming dan beem-steering canggih.

Prototipe sistem 5G NR terdiri atas base station dan user equipment (UE), yang berfungsi sebagai lahan uji untuk memverifikasi kemampuan 5G NR. Sistem tersebut mendukung bandwidth RF yang luas, lebih dari 100 MHz, dan mampu menghadirkan kecepatan data multi- gigabit per detik.

Ia juga mendukung desain subframe terintegrasi terbaru untuk secara signifikan menurunkan latensi over-the-air yang secara signifikan lebih rendah dari yang mungkin dicapai oleh jaringan 4G LTE saat ini.

Prototipe ini melanjutkan pengembangan dan uji coba desain 5G inovatif yang diusung oleh Qualcomm Technologies, dan secara aktif memberikan kontribusi bagi standarisasi 3GPP 5G NR. Item uji coba 3GPP 5G NR telah dimulai sebagai bagian dari Release 14 dan akan menjadi masukan untuk pekerjaaan di Release 15.

Qualcomm Technologies menunjukan prototipe sistem Platform Di Frekuensi 6 Ghz ini pertama kalinya pada ajang Mobile World Congress Shanghai lalu.