ArenaLTE.com – Qualcomm kembali tancap gas dari kejaran para rivalnya. Produsen chipset asal Texas AS ini mengumumkan amunisi masa depan mereka, modem Qualcomm Snapdragon X16 LTE terbaru. Kemampuan modem mutakhir ini memberikan solusi baru di dalam chipset mereka. Bagaimana tidak, modem ini sanggup melesatkan kecepatan data atau internet hingga 1 Gbps. Wow!

Sampai sekarang, kecepatan LTE Advanced Pro yang ditawarkan modem ini baru hadir di beberapa negara tertentu saja seperti Korea Selatan, Australia atau Swedia. Tapi saat operator sudah siap menggulirkan layanan internet super ini, chipset Snapdragon X16 LTE milik Qualcomm ini bisa segera menunjukkan tajinya. Kecepatan sedahsyat ini kemungkinan disiapkan untuk menangani video streaming generasi masa depan.

x16Di saat kecepatan modem lain masih mengandalkan speed sekelas Cat. 10, Snapdragon X16 LTE sudah mendukung kecepatan LTE Cat. 16. X16 LTE dikembangkan dari proses 14nm alias memiliki footprint dan konsumsi daya lebih rendah dari modem sebelumnya, meskipun kecepatan meningkat dua kali lipat dari generasi pendahulunya itu.

Menariknya, Qualcomm merancang Snapdragon X16 LTE ini dari arsitektur modular terbaru yang memungkinkan kemampuan scaling serta adaptasi yang cepat terhadap beragam tugas, skenario dan gadget IoT yang bakal membutuhkan konektivitas LTE.

Unit pertama dari modem ini sudah mulai dikapalkan kepada para klien sebagai sampling atau contoh. Kemungkinan akan segera tersedia pada perangkat yang dijual secara ritel mulai pertengahan tahun ini. Jika bicara Apple yang selalu ingin iPhone-nya menjadi yang terdepan dalam urusan konektivitas LTE, bisa jadi modem mutakhir besutan Qualcomm ini sudah terpatri dalam iPhone 7 dan Apple A10.

Lantas bagaimana peluang modem baru ini menyisip dalam chipset milik mereka sendiri (Snapdragon)? Hmm, rasanya kita tak akan menjumpainya di pasaran sebelum chipset paling mutakhir mereka Snapdragon 830 diadopsi vendor smartphone. Mungkin paling cepat tahun depan saat flagship baru bermunculan mengusung teknologi yang lebih canggih.