Keuntungan Smartphone Menggunakan Qualcomm Snapdragon 835 Terbaru

ArenaLTE.com - Seperti yang diberitakan sebelumnya, prosesor terbaru debutan Qualcomm pun resmi diperkenalkan di ajang CES 2017 di Las Vegas saat ini. Prosesor yang disebut bernama Qualcomm Snapdragon 835 tersebut resmi dikenalkan dengan menghadirkan arsitektur delapan CPU Octa Core dengan Kryo 280 Core.

Ada empat core yang diungkapkan berjalan dengan kecepatan 2.45GHz di dalamnya, sedangkan empat core sisanya berjalan pada kecepatan 1.9GHz. Lalu apa kelebihan smartphone yang menggunakan prosesor terbaru ini?

Qualcomm Snapdragon 835 memang bisa dibilang sebagai prosesor terbaru dengan kecepatan pemrosesan sistem terbaik saat ini. Untuk efisiensi, prosesor hanya akan menggunakan 80% kekuatannya namun bisa maksimal dalam kinerja yang luar biasa seperti menelusuri website dan menggunakan VR.

qualcomm

Proses Qualcomm Snapdragon 835 diungkapkan telah dibangun dengan proses FinFET 10nm Samsung, memiliki kinerja 27% lebih tinggi dari prosesor sebelumnya. Namun demikian, untuk urusan daya prosesor terbaru ini justru diungkapkan memiliki kehematan 40%, serta ukuran yang lebih kecil bila dibandingkan dengan pendahulunya pada seri Snapdragon 820.

Selain kecepatan, fitur terbaik yang diklaim telah dihadirkan oleh perusahaan chipset asal Amerika ini adalah proses pengisian baterai. Qualcomm Snapdragon 835 memiliki fitur Quick Charge 4 yang mampu mengisi 20% lebih cepat dari Quick Charger 3 terdahulu.
 

Baca juga:
Ini Lima Pilar Teknologi Andalan di Prosesor Snapdragon 835
Menguak 3 Prosesor Terbaru Qualcomm: Snapdragon 653, 626 Dan 427
Mengenal Clear Sight, Teknologi Dual Kamera Qualcomm Terbaru


Qualcomm Snapdragon 835 SoC ini pun diklaim juga mampu bertahan dalam penggunaan perangkat yang lebih lama, bahkan untuk sekedar menerima panggilan suara. Sedangkan untuk digunakan sebagai alat pemutar musik smartphone dengan dapur pacu prosesor Qualcomm Snadragon 835 ini bisa bertahan hingga 5 hari lamanya. Selain itu, mampu bertahan selama 7 jam untuk menonton video resolusi 4K dan bertahan selama 3jam untuk merekam video reolusi 4K.

Pengisian baterai yang cepat dengan Quick Charger 4, mampu memberikan estimasi waktu yang lebih efisien. Smartphone akan mampu mengisi baterai dalam waktu 5 menit untuk penggunaan dasar selama 5 jam, sedangkan hanya butuh waktu 15 menit untuk pengisian hingga 50%.

Selain kelebihan tersebut, chipset ini mendukung untuk smartphone yang mengadopsi kamera 32MP atau dua kamera sebesar 16MP. Mendukung penangkapan video resolusi 4K bahkan capture berjalan hingga 30fps dengan 4K pemutaran pada 60fps. Untuk dukungan grafis lainnya, prosesor ini pun dipasangkan dengan chip grafis Adreno 540 GPU 60 kali lebih banyak menampilkan warna dan 25 kali lebih cepat melakukan render 3D dari Adreno 530.

Leave a Comment