ArenaLTE.com – Salah satu perusahaan teknologi yang memiliki andil besar menghadirkan 4G LTE adalah Qualcomm. Perusahaan asal San Diego, Amerika Serikat yang telah berusia 30 tahun ini juga telah memainkan peranan penting dalam meningkatkan teknologi infrastruktur jaringan bagi operator Indonesia dan mendorong adopsi teknologi baru bagi OEM lokal. Perusahaan ini sekarang tengah giat menjalin kerjasama dengan mitra lokal baik operator, handset vendor, dan OEM guna memproduksi smartphone LTE murah.

Hal ini diungkapkan oleh Shannedy Ong, Country Director, Qualcomm Indonesia, saat temu media di Jakarta (21/8/2015). “Qualcomm akan meneruskan komitmennya dalam mendorong evolusi jaringan 4G LTE dan pengembangan industri mobile guna memberikan pengalaman lebih canggih bagi konsumen serta turut berperan serta dalam mengembangkan ekonomi lokal di Indonesia,” ujarnya.

Menurut Shannedy Ong, tujuan utama digelarnya layanan 4G LTE adalah untuk meningkatkan user experience pengguna. Nah, agar masyarakat bisa menikmati layanan internet ultra cepat tersebut, diperlukan handset untuk mengaksesnya. “Untuk itu, saat ini kami mau fokus bekerja sama dengan operator dan mitra-mitra untuk memproduksi smartphone LTE murah. Supaya semua pengguna bisa lebih menikmati teknologi 4G tersebut,” kata Shannedy.

Bahkan, dengan adanya strategi tersebut pihaknya meyakni teknologi 4G LTE lebih cepat diadopsi oleh masyarakat di Indonesia. Shannedy menjelaskan bahwa Qualcomm adalah technology enabler yang memungkinkan para partner bisa akses ke teknologi yang dikembangkannya. Pihaknya menyediakan full end to end ecosystem bersama dengan operator, OEM, ODM, handset vendor dan menjembatani supaya ekosistem teknologi ini akan berjalan dengan smooth. “Kalau kita bisa memproduksi smartphone LTE murah, maka bisa menciptakan ekosistem 4G yang lebih luas,” imbuhnya. Pria yang menjabat sebagai Country Director Qualcomm Indonesia sejak awal Maret 2015 ini memberi gambaran devices 4G LTE terjangkau itu harganya tak lebih dari Rp1 jutaan.

Comments

  1. […] Chipset modem LTE Qualcomm untuk Internet of Things ini juga memiliki prosesor yang terintegrasi antar aplikasi yang berbasis Linux. Teknologi ini diklaim teruji untuk layanan lokasi GPS, dan fitur keamanan dengan otentikasi canggih. Semua dalam satu paket yang sangat terintegrasi yang mampu mengurangi biaya Bill-of-Material (BOM), kompleksitas desain dan integrasi waktu. Baca: Menurut Qualcomm, Smartphone LTE Murah Percepat Adopsi 4G di Indonesia […]