ArenaLTE.com – Sistem operasi mobile berbasis Android memang bersifat open source, maka tak salah perkembangan OS ini pun bisa merambah kebanyak perangkat. Kali ini, sistem robot hijau tersebut kini akan difokuskan untuk alat transportasi roda empat atau mobil. Qualcomm bekerja sama dengan Google berniat akan kombinasikan prosesor Snapdragon Automotive dan sistem Android untuk ditanamkan dalam mobil.

Dalam keterangan persnya, dua perusahaan teknologi ini mengungkapkan bahwa Inisiatif ini bertujuan untuk membantu para produsen mobil membuat sistem hiburan yang bertenaga dengan menggunakan Android sebagai platform dasarnya. Sehingga memudahkan untuk menambah layanan dan aplikasi yang terkoneksi dengan internet, dan di saat yang sama juga memberikan pengalaman mengemudi yang lebih aman dan intuitif. Tujuan Snapdragon Automotive adalah mempercepat inovasi dalam mobil dengan pendekatan yang menawarkan keterbukaan, kustomisasi, dan skala.

Chipset Snapdragon Automotive

Dalam pagelaran acara Google I/O yang diadakan di Amerika Serikat, mendemonstrasikan prosesor Qualcomm Snapdragon 820 Automotive untuk mobil-mobil dan hiburan di dalamnya yang terkoneksi dengan internet. CPU berdesain khusus yang diklaim hemat daya ini terintegrasi dengan modem LTE X12 yang mampu memberikan kecepatan Cat 12, dan kemampuan memproses video yang unggul dan cocok didedikasikan kepada para produsen mobil yang terkoneksi, pintar, dan awas.

“Google berkomitmen untuk membuat Android menjadi sebuah platform yang menggerakkan inovasi di ranah otomotif,” ungkap Patrick Brady, Director of Android Engineering, Google.

Dirinya menambahkan, kolaborasi dan membina hubungan erat dengan para pemimpin industri seperti Qualcomm Technologies, Inc dalam menghadirkan keunggulan Android ke dalam mobil secara aman dan mulus. Inisiatif ini adalah tahapan lanjut untuk membawa kekuatan ekosistem yang melimpah dan platform terbuka sehingga membuat para produsen mobil dapat menciptakan sistem hiburan yang bertenaga yang dirancang untuk era digital.

Dalam kesempatan yang sama, Nakul Duggal, Vice President Product Management Qualcomm Technologies, Inc juga berkomentar bahwa kombinasi Prosesor Snapdragon Automotive dan Android akan memungkinkan ekosistem otomotif untuk membuat mobil yang terkoneksi dengan internet dan platform hiburan yang mutakhir.

“Android sebagai sistem operasi hiburan dalam mobil akan memungkinkan pengemudi dan penumpang untuk berinteraksi dengan kendaraan mereka melalui cara baru dan menarik. Qualcomm Technologies dan Google akan mendemonstrasikan konsep Android dalam mobil yang ditenagai oleh prosesor Snapdragon 820A dalam Sandbox pada acara Google I/O hari ini hingga 20 Mei,” jelasnya.