ArenaLTE.com – Qualcomm pekan ini mengumumkan telah memperluas kepempinan dalam teknologi LTE Advanced lewat penyediaan konektivitas modem seluler untuk platform Windows 10. Modem LTE Advanced untuk Windows 10 tersebut mencakup Qualcomm Snapdragon X12 LTE Modem, X7 LTE Modem dan X5 LTE. Ketiganya bisa dipakai untuk berbagai perangkat mencakup notebook, tablet, komputer hybrid 2-in-1 dan smartphone.

Modem LTE Advanced untuk Windows 10 besutan Qualcomm ini kompatibel dengan Mobile Broadband Interface Model (MBIM) pada sistem operasi terbaru Microsoft tersebut. Modem 4G LTE ini dirancang untuk menyediakan pengalaman mobilitas yang sama pada PC dan smartphone.
BacaQualcomm: Smartphone LTE Murah Percepat Adopsi 4G di Indonesia

Chris Morrissey, director of business planning Microsoft mengatakan dengan memasukkan konektivitas seluler Qualcomm Technologies untuk perangkat Windows 10, akan memperkaya pengalaman pengguna mobile. “Seperti memuat halaman web, video conference dan video streaming yang hadir lebih cepat dengan kualitas lebih baik. Menggabungkan dua teknologi memungkinkan pelanggan Enterprise untuk memasuki tingkat produktivitas dan efisiensi dari Windows 10 PC,” ujar Chriss Morrissey dalam keterangan persnya.

Pelanggan enterprise diklaim bisa menggunakan embedded LTE dan kapabilitas lokasi untuk meningkatkan produktivitas dan keamanan dengan data plan yang fleksibel. Mereka memungkinkan untuk memanfaatkan remote data swipe, sponsored connectivity dan layanan mobile broadband pay-as-you-go di seluruh jaringan operator di seluruh dunia.
BacaDuo Smartphone Windows 10 Resmi Diperkenalkan Microsoft di Indonesia

Konektivitas LTE kini telah diadopsi pada perangkat Windows 10 yang diproduksi berbagai manufaktur (OEM/Original Equipment Manufacture) di seluruh dunia, seperti Dell HP, Lenovo dan Panasonic. Selain itu, modul Snapdragon LTE juga tertanam di produk Foxconn dan Sierra Wireless.

Untuk memberikan konektivitas smartphone ke industri PC, Qualcomm Technologies menawarkan portofolio luas dari modem LTE di beberapa kelas untuk integrasi ke perangkat mobile kelas enterprise. Modem LTE Advanced untuk Windows 10 meliputi sebagai berikut:

Snapdragon X12 LTE Modem

Masuk  dalam modem  LTE Kategori 12 dengan downlink dan Kategori 13 untuk uplink yang mendukung kecepatan download hingga 600 Mbps melalui 3x downlink Carrier Aggregation (CA) dan 256-QAM, serta kecepatan upload hingga 150 Mbps melalui 2x CA dan 64-QAM.

Snapdragon X7 LTE Modem

Masuk dalam modem LTE Kategori 6 yang mendukung kecepatan download hingga 300 Mbps dan kecepatan upload hingga 50 Mbps, dengan dukungan untuk 2×20 MHz downlink Carrier Aggregation (CA) untuk kedua LTE TDD dan FDD CA global sebagai penyebaran.

Snapdragon X5 LTE Modem

Masuk dalam modem LTE Kategori 4 yang mendukung kecepatan download hingga 150 Mbps dan kecepatan upload hingga 50Mbps di uplink, dengan dukungan untuk 2x10MHz downlink Carrier Aggregation (CA).

Ilustrasi foto: droid-life.com