ArenaLTE.com – Kapasitas data tidak terstruktur (unstructured data) terus membludak dengan pertumbuhan tercepat di data center dan cloud yang mencapai hingga 500 quadrillion file setiap tahunnya di dunia. Dunia industri kini dihadapkan dengan tantangan baru ketika solusi network-attached storage (NAS) tradisional dan server berbasis open source tidak lagi mampu mengakomodir ledakan data tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan akan semakin banyaknya jumlah data perusahaan di era digital sekarang ini, Pure Storage, vendor solusi flash storage mengenalkan solusi terbarunya FlashBlade.

FlashBlade merupakan inovasi flash storage terbaru dari Pure Storage yang didesain untuk menyimpan data yang sangat besar dan memerlukan performa cepat namun minim biaya dan kompleksitas sehingga memudahkan dan menyederhanakan konektivitas.

FlashBlade yang berjalan dalam platform network-attached storage (NAS) mampu men-deliver multi-petabyte-scale data dengan konektivitas sebesar 40 Gigabit Ethernet (GbE) dan biaya kurang dari $1 per pengunaan sebesar 1 GB.  Solusi ini menargetkan data dengan tingkat komputasi yang tinggi dan aplikasi berbasis cloud seperti bioinformatics, cyber security, desain dan simulasi, kegiatan forensik, dan ‘Internet of Things’.

Selain FlashBlade, Pure Storage juga menampilkan produk lainnya yaitu FlashArray/M10, solusi yang berjalan dalam sistem storage area network (SAN) memiliki kemampuan pemrosesan data 10x lebih cepat, dengan ruang penyimpanan 10x lebih luas namun hemat energi jika dibandingkan dengan metode penyimpanan data terdahulu. Solusi ini sangat sesuai dengan beban kerja yang membutuhkan performa tinggi seperti server virtualization, desktop virtualization (VDI), database (OLTP, real-time analytics) dan cloud computing.

Produk ketiga adalah FlashStack Converged Infrastructure, solusi flash storage yang mengkolaborasikan komputasi, network, storage, hardware dan virtualisasi ke dalam satu arsitektur yang terintegrasi sehingga proses pengimplementasian dapat berjalan lebih cepat dengan biaya lebih murah dan risiko yang rendah.

Pure StorageDalam konferensi teknologi berjudul Accelerate Possible, yang menjadi rangkaian dari roadshow global di bidang teknologi bertajuk Pure Live, di Hotel Mulia, Jakarta, Suzan Zhang, Presiden Direktur PT Central Data Technology mengungkapkan bahwa sebagai penyedia solusi infrastruktur TI, Central Data Technology menjawab tantangan industri melalui rangkaian produk milik Pure Storage terbaru ini.

Suzan menambahkan bahwa Adopsi flash mengalami peningkatan tiap tahunnya akibat semakin tingginya permintaan pasar akan media penyimpanan yang memiliki kapasitas besar dan kecepatan yang tinggi dan harga yang lebih ekonomis. Menurut riset Gartner dan Stifel, pasar untuk all-flash storage array meningkat dengan signifikan sebesar 91% dari $548 million di periode kuartal empat tahun 2014 menjadi $1.05 billion di kuartal empat tahun 2015.

“Pure Storage menawarkan solusi yang mampu mengurangi biaya pembelian storage hingga 50% dan biaya manajemen hingga 90% serta menjadi satu-satunya solusi flash storage yang mengusung konsep evergreen di mana pelanggan tidak perlu membeli perangkat baru setiap tiga tahun sekali dan cukup meng-upgrade perangkat lama untuk pemakaian jangka waktu panjang hingga lebih dari 10 tahun,” pungkasnya.