ArenaLTE.com – Kini kita tak perlu lagi memiliki konsol PlayStation 3 (PS3) untuk bisa memainkan semua games populer Sony Games. Karena baru-baru ini, Sony meluncurkan layanan terbaru mereka yaitu PS Now yaitu layanan game streaming PlayStation melalui komputer.

Dengan layanan ini, kita bisa memainkan berbagai game populer PS3 hanya dengan menggunakan komputer yang besistem operasi Microsoft Windows tanpa harus memiliki konsol PS3 nya.

Layanan streaming game PS3 menggunakan PS Now ini mirip seperti Netflix, namun kita berlangganan games bukannya film. Kita akan dikenakan biaya sekitar USD20 perbulan atau USD45 per tiga bulan. Kita bisa memainkan game populer PS3 seperti God Of War III, Uncharted 3 hingga The Last Of Us. Sony mengklaim sudah menyediakan hingga 400 game dalam PS Now.

Saat ini baru games PS3 saja yang bisa dimainkan melalui PS Now ini, namun tidak menutup kemungkinan untuk dikembangkan sehingga dapat memaunkan game versi game PS4 atau bahkan PS2.

seperti yang kita ketahui bersama, konsol PS3 harganya masih cukup tinggi dan butuh TV dengan spesifikasi khusus untuk memainkannya. Yang menarik dari layanan ini adalah kita tetap bisa merasakan sensasi main game PS3 seperti menggunakan konsolnya. Karena PS Now juga mendukung penggunaan Dualshock 4 contoller dengan interface XMB (cross media bar) yang sudah biasa digunakan Sony.

PS NOWUntuk menghubungkan joystik DS4 dengan komputer, Sony telah lebih dulu meluncurkan Dual Shock 4 USB wireless adapter yang menghubungkan jostick dengan komputer atau Mac melalui koneksi bluetooth. Namun tidak wajib memiliki adapter ini karena joystick DS4 bisa langsung dihubungkan dengan kabel USB.

Untuk bisa menikmati layanan PS Now dengan lancar dibutuh komputer dengan spesifikasi prosesor minimal 3.5 GHz Intel Core i3 atau 3.8 GHz AMD A10. RAM diatas 2 GB, soundcard, USB port dan sistem operasi Windows 7 (SP1), 8.1 atau 10. Dan yang terpenting adalah koneksi internet yang stabil dengan kecepatan akses minimal 5 Mbps, dengan koneksi 4G LTE sepertinya akan lancar.

Meskipun jadi sangat ketergantungan terhadap koneksi internet, pengembangan ini merubah mindset bahwa game Playstation kini bukan hanya bisa dimainkan melalui sebuah kotak konsol saja. Kini game Playstation bisa dimainkan oleh berbagai media digital lain baik itu televisi pintar, komputer dan smartphone.

Ini merupakan sebuah langkah besar bagi sebuah game platform dan tidak hanya itu saja, PlayStation juga sedang menyiapkan berbagai layanan PlayStation lainnya seperti program TV-steraming PS Vue yang juga akan segera hadir di komputer. Bagi gamers ini menjadi kabar gembira karena kita memiliki pilihan metode lain untuk memainkan game Playstation tanpa harus memiliki konsol PS.