ArenaLTE.com – Keberadaan Exynos adalah kekuatan strategis bagi Samsung. Meski tak menutup adopsi chipset dari luar, namun portfolio prosesor Samsung Exynos sudah cukup populer terutama di segmen smartphone high end Samsung. Untuk semakin memperkuat performa SoC Exynos, Samsung berencana untuk kembangkan GPU (Graphic Processing Unit) secara mandiri.

Dengan kekuatan teknologi dan pendanaan yang kuat, sebenarnya apa yang tak bisa dikerjakan oleh Samsung, dan merujuk informasi dari situs Ubergizmo.com ( 6/10/2015), Samsung dikabarkan tengah memperhitungkan untuk memproduksi GPU sendiri di masa depan. Tentunya dipersiapkan riset dan persaiapan yang matang, dan mengingat masih dalam tahap pembicaraan, jangan harap Samsung Galaxy S7 yang akan meluncur awal tahun depan akan dilengkapi dengan GPU buatan sendiri.

Menurut bocoran roadmap yang beredar, penggunaan GPU secara mandiri oleh Samsung akan dilakukan secara bertahap. Samsung akan mengintegrasikan GPU buatan sendiri pada lineup chipset Exynos tahun 2017 atau 2018. Sebelum itu terjadi, prosesor Samsung dipastikan masih menggunakan sistem arsitektur heterogen (Heterogeneous System Architecture) pada smartphone.

Kabarnya, Samsung akan membuat terobosan yakni dengan menggabungkan bus yang sama antara GPU dan CPU, hal ini dipercaya akan meningkatkan kinerja memori dan efisiensi tasking. Sehingga mendongkrak secara signifikan kinerja grafis dan peningkatan kecepatan secara keseluruhan.

Selama ini, penggunaan prosesor Samsung untuk grafis (GPU) masih outsource untuk melengkapi kebutuhan. Maka  tak heran bila identitas GPU pada smartphone Samsung masih ada PowerVR buatan Imagination Technology dan Mali buatan ARM Holdings.

 

Comments

  1. […] Sebagai upaya untuk mendongkrak pemasukan, Samsung melakuka berbagai strategi. Salah satunya melakukan investasi dalam industri chip komputer dan mencoba menghidupkan kembali permintaan Samsung Galaxy di kelas high end lewat pembayaran mobile baru Samsung Pay. Dari sisi desain, Samsung akan merilis perangkat yang lebih besar setidaknya sebulan sebelum iPhone baru diluncurkan. Baca: Perkuat Chipset Exynos, Samsung Berencana Kembangkan Prosesor Grafis (GPU) Sendiri […]